Share

Mantap! Pemerintah Berani Menerima Perwakilan Aksi 313

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Minggu 02 April 2017 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 02 337 1657055 mantap-pemerintah-berani-menerima-perwakilan-aksi-313-Pe202P0pyv.jpg

JAKARTA - Aksi 313 yang berlangsung aman tertib dan terkendali pada hari Jumat 31 Maret lalu mendapatkan apresiasi dari tokoh nasional Jaya Suprana. Hal itu lantaran aksi tersebut dapat menjaga keamanan dan ketertiban serta tidak ada sedikitpun permasalahan di lapangan.

Jaya Suprana juga mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang menunjuk Menko Polhukam Wiranto untuk menemui perwakilan peserta aksi tersebut. Hal ini dikatakannya sebagai sebuah langkah tepat untuk mendengarkan aspirasi kelompok-kelompok umat Islam.

"Sebagai wakil resmi pemerintah, apa yang dilakukan Wiranto sangat lah tepat yakni untuk mendengarkan aspirasi dan tuntutan umat Islam. Apalagi hal ini secara konsisten dilakukan oleh Wiranto sebelumnya yang pernah menemui para ulama termasuk GNPF UI dan FPI. Dialog semacam ini akan meredam kegundahan umat Islam." ujar Jaya Suprana kepada wartawan, Minggu (2/4/2017).

Sementara itu, Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa pemerintah dan aparat tidak perlu menanggapi demostrasi secara horor. 

"Demonstrasi ditanggapi saja dengan gembira. Dengarkan aspirasi yang ada. Penuhi bila rasional dan benar," jelasnya.

Namun demikian, Danil juga tetap melihat pemerintah berupaya merangkul umat Islam. Pasalnya, hal ini terlihat dari langkah Menko Polhukam Wiranto yang memfasilitasi pertemuan dengan kelompok-kelompok umat Islam.

"Bagi saya apa yang dilakukan oleh Wiranto untuk menerima peserta aksi 313 kemarin merupakan bentuk tanggung jawab beliau selaku Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan," ujar Danil Simanjuntak

Sebelumnya Menko Polhukam Wiranto mengatakan bahwa Presiden Jokowi sangat memperhatikan aspirasi umat Islam. Hal ini ditunjukan dengan diterimanya langsung perwakilan aksi 313 oleh dirinya selaku wakil dari pemerintah. Pada kesempatan itu Wiranto menerima perwakilan pendemo yang didampingi tokoh nasional Amien Rais dan menyatakan akan menyampaikan aspirasinya kepada Presiden Jokowi.‎ (sym)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini