Forum Bela Negara Menggelar Agenda Pendidikan dan Pelatihan

Taufik Fajar, Okezone · Kamis 23 Maret 2017 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 23 337 1650468 forum-bela-negara-menggelar-agenda-pendidikan-dan-pelatihan-DJePgA30CJ.jpg foto: Illustrasi Okezone
 

JAKARTA - Organisasi Masyarakat (Ormas) Forum Bela Negara (FBN) Republik Indonesia (RI), menggelar agenda pendidikan dan pelatihan sekaligus pelantikan, di Aula Bela Negara Kementerian Pertahanan Keamanan Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu 22 Maret 2017.

Ketua DPW FBN RI-Kemhan RI, Morris mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan oleh Tim Program Kerja Pembinaan Kesadaran Bela Negara dan dibantu oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Bela Negara Republik Indonesia.

"Pengurus DPP FBN RI juga akan melakukan kegiatan rekrutment kader-kader Bela Negara yang dilakukan melalui metode penjaringan kader-kader anak bangsa dan masyarakat di seluruh pelosok NKRI," kata Morris dalam keterangannya, Kamis (23/3/2017).

Kata dia, acara tersebut diikuti oleh Pengurus DPW FBN RI DKI Jakarta, Pengurus DPD FBN RI Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Kepulauan Seribu, Tangerang Selatan, FBN RI Komando, FBN RI Srikandi, dan FBN RI LBH.

Selain melantik Pengurus DPW dan DPD Forum Bela Negara Republik Indonesia, kata dia, kegiatan ini lebih fokus pada pemberian materi oleh beberapa narasumber diantaranya, Ketua Umum Forum Bela Negara Republik Indonesia Laksamana Muda Prof. Dr. Setyo Harnowo, Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Sutrimo dan Direktur Bela Negara Laksamana Pertama M. Faishal.

"Acara ini bertujuan untuk melaksanakan pembinaan dan pelatihan khusus yang bertujuan untuk membangun, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kemudian melaksanakan program kegiatan sosialisasi tentang Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) secara integral dan komprehensif secara berkala dengan target pilihan para kader anak bangsa dari seluruh lapisan masyarakat," tuturnya.

Pelaksanaan acara ini, lanjut Morris, dapat mendorong para pengurus dan anggota FBN RI DKI Jakarta untuk lebih fokus dengan tujuan organisasi serta mendukung dan menjalankan program pemerintah demi terciptanya Kader Bela Negara.

Ia juga menambahkan, ormas FBN RI sudah memiliki DPW di 32 provinsi diantaranya Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Barat, Maluku, Gorontalo, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Bali, Kepulauan Riau,Riau, Papua, Aceh, Banten dan Lampung.

Selain itu, ormas FBN RI telah terdaftar di Kementerian Dalam Negeri sebagai Organisasi Kemasyarakatan dengan Surat Keterangan Terdaftar Nomor: 218/D.III.3/IX/2009 tanggal 1 September 2009.

Keberadaan Ormas ini berdasarkan Keputusan Menteri Pertahanan RI Nomor: KEP/1181/M/XI/2015 Tanggal 30 November 2015 tentang Penyelenggaraan Pembinaan Kesadaran Bela Negara dan pembentukan FBN RI diseluruh wilayah Negara Republik Indonesia.

Kata dia, FBN RI ini hadir berdasarkan Petunjuk Pelaksanaan Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI Nomor: JUKLAK/03/IV/2013 Tanggal 4 April 2013 tentang Pembinaan Kesadaran Bela Negara Melalui Pemberdayaan Organisasi Masyarakat.

Selanjutnya, masih kata Morris, ormas ini telah melaksanakan Revitalisasi Dan Penguatan Organisasi pada tanggal 27 Agustus 2015 di Aula BELA NEGARA Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI.

Hadir dalam acara Pendidikan, Pelatihan dan Pelantikan Pimpinan Forum Bela Negara Republik Indonesia DKI Jakarta, PLT Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Jaswandi, Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan dan Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Tony T.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini