Share

Polri Gelar Rakernis Bahas Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2017

Dara Purnama, Okezone · Kamis 23 Maret 2017 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 23 337 1650240 polri-gelar-rakernis-bahas-pengamanan-arus-mudik-lebaran-2017-YYQ41ybjAl.jpg Polri gelar Rakernis bahas persiapan pengamanan lebaran 2017 (Foto: Dara Purnama)

JAKARTA - Persiapan pengamanan arus mudik lebaran pada tahun ini menjadi salah satu perhatian dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Lalu Lintas 2017 di Rupatama Mabes Polri, Kamis (23/3/2017).

Acara tersebut merupakan rapat kerja rutin yang dilakukan setiap tahun untuk menyatukan visi-misi, menyelesaikan berbagai persoalan dan membicarakan hasil kerja pada triwulan pertama di 2017.

"Mudik lebaran harus nyaman, tertib, dan lancar. Saudara kita yang mudik ke Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, ke Lampung mereka melaksanakan ini tepat waktu, tidak over lebaran," kata Kepala Korps Lalu Lintas Irjen Royke Lumowa di sela-sela acara Rakernis.

Persoalan mudik lebaran, kata Royke diharapkan bisa dieliminir. Sebelumnya, Korlantas bersama dengan Kementerian PUPR, dan Jasa Marga telah melakukan survei untuk meneliti persoalan yang terjadi saat mudik pada Februari 2017.

"Pertama survei di arah Semarang, Pantura, Tol Brebes, Pemalang, Pekalongan sampai Semarang. Tol dari penjelasan pihak Jasa Marga dan Kementerian PUPR di mana tahun lalu berujung di Brebes, maka tahun ini sampai ke Pemalang. Itu operasional tol berbayar," katanya.

Selain itu, lanjut mantan Kapolda Papua Barat itu, juga ada tol darurat yang diistilahkan dengan tol fungsional. "Itu dari Pemalang sampai Ngalian. Belum seutuhnya jadi tol. Itu darurat boleh digunakan untuk mobil pribadi," katanya.

Selain mudik lebaran, hal lain yang menjadi perhatian Korlantas Polri adalah kemacetan, penekanan angka kecelakaan hingga pelayanan Polri berbasis online seperti SIM online, Samsat online, dan BPKB online. Selanjutnya adalah CCTV yang saling berhubungan di kota-kota lainnya.

"Saya berkeinginan tahun ini adalah tahun keselamatan berlalu lintas. Sehingga korban kecelakaan lantas bisa ditekan," tukasnya.

Sekadar informasi, Rakernis Korlantas Polri 2017 ini dihadiri oleh sejumlah pejabat utama di Mabes Polri, pejabat utama di Korlantas Polri, para Dirlantas seluruh Polda dan para Kasatlantas seluruh Polres se-Indonesia. Korlantas juga mengundang para stakeholder terkait dalam hal keselamatan berlalu lintas seperti Kementerian Perhubungan, PT Jasa Raharja, Dinas Pekerjaan Umum, Binas Marga dan lainnya.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini