Share

Fadli Zon Pesimistis Aturan Anggota Parpol Masuk KPU Disetujui

Agregasi Sindonews.com, · Kamis 23 Maret 2017 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 23 337 1649874 fadli-zon-pesimistis-aturan-anggota-parpol-masuk-kpu-disetujui-3uhlO3HbPt.jpg Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon pesimis, pengaturan yang memperbolehkan anggota partai politik (parpol) menjadi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) masuk Undang-undang Pemilu.

Adapun wacana pengaturan itu digulirkan oleh Panitia Khusus Rancangan Undang-undang tentang Penyelenggaraan Pemilu.‎

"Saya masih melihat ini peluangnya kecil untuk kembali ke arah itu," ujar Fadli Zon di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Menurut dia, KPU maupun Badan Pengawaslu Pemilu (Bawaslu) harus profesional, objektif, imparsial, dan tidak berpihak kepada parpol. Namun diakuinya, pada praktiknya tidak demikian, terkadang ada oknum penyelenggara Pemilu yang berpihak ke parpol tertentu.

"Mungkin pemikiran itu yang menimbulkan, kenapa enggak sekalian ada perwakilan dari parpol saja, supaya mereka saling menjaga," kata politikus Partai Gerindra ini.

Dia berpendapat, pengaturan yang memperbolehkan anggota Parpol menjadi komisioner KPU masih sebatas wacana yang belum tentu akan terjadi. "M‎enurut saya arahnya tetapi kepada orang-orang yang independen, profesional, cuma masalah jumlah apakah mencukupi atau tidak," paparnya.

Kendati demikian, dia menyerahkan wacana itu sepenuhnya kepada Pansus Pemilu. "Memang perwakilan Parpol itu menjamin tidak ada kecurangan karena saling kontrol tapi belum tentu ini bisa menjadi kenyataan," tandas Fadli.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini