Eksekusi Mati Jilid IV Semakin Dekat

Tim Okezone, Okezone · Selasa 14 Maret 2017 20:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 14 337 1642769 eksekusi-mati-jilid-iv-semakin-dekat-JxtIAoqsgk.jpg

JAKARTA - Sejumlah narapidana telah dipindahkan ke lembaga pemasyarakatan Batu, Nusakambangan Cilacap Jawa Tengah. Tujuh di antaranya merupakan terpidana mati kasus narkoba.

Jaksa Agung Muhammad Prasetyo memastikan pemindahan narapidana bukan berkaitan dengan eksekusi mati tahap IV.

(Baca juga: 7 Terpidana Mati Dipindah ke Nusakambangan, Jaksa Agung: Enggak Ada Hubungan dengan Kami!)

"Enggak ada hubungan dengan kami," kata Prasetyo di Kompleks Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2017).

Menurut Prasetyo, pemindahan puluhan napi ke Lapas Nusakambangan merupakan kewenangan dari Kementerian Hukum dan HAM. Dalam hal ini Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Prasetyo pun enggan dikait-kaitkan bila pemindahan puluhan napi itu dengan persiapan eksekusi mati tahap IV. Meskipun ada sejumlah terpidana kasus narkoba dari napi yang dipindah ke Lapas Nusakambangan.

"Dan kembali lagi, itu sepenuhnya kewenangan dari kemenkumham dalam hal ini Dirjen PAS," ucap Prasetyo.

Sebelumnya diketahui ada 56 narapidana yang dipindah ke Lapas Nusakambangan, tujuh di antaranya terpidana mati kasus narkoba yang merupakan warga negara asing yang berasal dari Amerika Serikat, China dan Nigeria. Pemindahan dilakukan Sabtu 11 Maret 2017. Mereka berasal Lapas Salemba dan Lapas Magelang.

Sekadar diketahui, Kejagung telah melakukan eksekusi terpidana mati kasus narkoba di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah pada Jumat (29/7/2016) dini hari. Salah satu yang masuk dalam eksekusi jilid III itu adalah gembong narkoba Freddy Budiman.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini