Wiranto: Pemerintah Satukan Sikap Terkait RUU Tembakau

Reni Lestari, Okezone · Senin 13 Maret 2017 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 13 337 1641367 wiranto-pemerintah-satukan-sikap-terkait-ruu-tembakau-ScN3Hxdv2f.jpg Menko Polhukam Wiranto (Reni/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemananan (Menko Polhukam) Wiranto hari ini menggelar rapat koordinasi khusus tingkat menteri, membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertembakauan yang diajukan oleh DPR RI. Pemerintah sudah memiliki kesatuan sikap mengenai hal tersebut.

"Kami tadi berapat, berunding menganalisis untuk menyatakan sikap. Baik dari kementerian/lembaga menyangkut masalah tembakau, rokok, cukai, berkumpul di Menko Polhukam untuk menyusun sikap yang komprehensif, yang bisa dipertanggungjawabkan dari bagaimana perkembangan rencana UU tembakau yang baru," kata Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (13/3/2017).

Namun, ia enggan menjelaskan hasil dari rapat koordinasi tersebut. Wiranto mengatakan akan terlebih dahulu menyampaikan sikap tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Nanti saya lapor ke Presiden Jokowi, baru ada penjelasan di sana. Saya tidak mau mendahului," ujar dia.

Sebelumnya, usulan DPR untuk membahas RUU Pertembakauan menuai polemik karena diduga sarat kepentingan industri. Konon, semangat dari RUU ini adalah membatasi impor tembakau untuk menyediakan serapan yang lebih tinggi kepada petani lokal.

Mengenai polemik di atas, Wiranto juga mengatakan pemerintah akan segera melobi parlemen untuk menyatukan sikap. Ia menganggap ada sesuatu yang kurang tepat dalam draft RUU yang diusulkan DPR.

"Kita musyawarah mufakat, sesuatu yang belum saatnya, yang kurang tepat yang dari sisi pertimbangan berbagai aspek yang menguntungkan. Kita harus jujur mengatakan itu. Sebab kalau tidak, kita akan terus berkonflik dalam RUU kan repot. Semua orientasinya sama bagaimana semua rakyat sejahtera," tukas Wiranto.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini