Habib Rizieq: Soekarno dan Soeharto Punya Jasa Besar untuk Indonesia

Fadel Prayoga, Okezone · Minggu 12 Maret 2017 01:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 12 337 1640498 habib-rizieq-soekarno-dan-soeharto-punya-jasa-besar-untuk-indonesia-CYu5eciDS8.jpg

JAKARTA - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab mengatakan Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) yang konon dikeluarkan Presiden pertama Indonesia Soekarno kepada Presiden ke-2 Indonesia Soeharto merupakan sebuah peristiwa besar.

Menurut Habib Rizieq, dikeluarkannya Supersemar oleh Soekarno karena kondisi Indonesia ketika itu dalam kondisi yang darurat usai terjadinya peristiwa G30S 1965.

"Langkah Soekarno memberikan kuasa ke Soeharto tepat karena negara dalam keadaan darurat akibat pengkhianatan PKI," tuturnya dalam acara peringatan ke-51 Supersemar di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Sabtu 11 Maret 2017.

Habib Rizieq melanjutkan, Soeharto ketika itu tak menyia-nyiakan kuasa yang telah diberikan oleh Soekarno. Pemimpin Rezim Orde Baru itu pun mengambil langkah tegas dengan membubarkan PKI.

"Soeharto menjalankan penuh tanggung jawab, di mana Supersemar mengambil langkah tegas dengan membubarkan PKI," ujarnya.

Pentolan FPI itu menambahkan, kedua mantan presiden Indonesia tersebut memiliki jasa besar dalam membangun negara ini usai merdeka dari cengkaraman kolonial Belanda dan Jepang. Menurut Habib Rizieq, keduanya harus dihormati dan dikenang jasa-jasanya.

"Soekarno maupun Soeharto dengan segala lebih dan kurangnya mereka telah berjasa besar. Patut diapresiasi dan dihormati selalu kenang jasa-jasanya," pungkasnya.

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini