nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Korupsi Haji, KPK Telusuri Rekam Jejak Calon Anggota BPKH

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2017 13:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 23 337 1626132 cegah-korupsi-haji-kpk-telusuri-rekam-jejak-calon-anggota-bpkh-NLcZB2417c.jpg Juru Bicara KPK Febri Diansyah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan. Mereka datang untuk meminta penjelasan serta masukan terhadap calon anggota BPKH.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, lembaganya siap memfasilitasi penelusuran rekam jejak calon anggota BPKH dengan harapan ke depan penyelenggaran dan pengelolaan haji lebih baik.

"Karena sebelumnya KPK telah melakukan kajian tentang tata kelola penyelenggaraan haji dan bahkan sudah pernah menangani kasus korupsi yang melibatkan mantan Menteri Agama," ujar Febri saat dikonfirmasi di Gedung KPK, Kamis (23/2/2017).

‎Hingga saat ini, sudah terdapat 48 nama calon anggota BPKH yang dinyatakan lulus seleksi‎ administrasi, 36 para calon tersebut di antaranya mendaftar sebagai calon dewan pengawas BPKH. Untuk mencegah adanya penyimpangan dalam pelaksanaan dan pengelolaan haji di Indonesia, kata Febri, penting bagi KPK mengawal proses perekrutan calon anggota BPKH yang berintegritas.

"Nah, jika anggota BPKH diisi oleh orang-orang‎ yang berintegritas dan tata kelolanya transparan serta akuntabel, maka itu diharapkan bisa mencegah korupsi ke depan dalam pengelolaan haji," tukasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini