nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berikut Portal Media Online yang Sudah Terverifikasi Dewan Pers

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 19 Februari 2017 13:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 19 337 1622414 berikut-portal-media-online-yang-sudah-terverifikasi-dewan-pers-TppOMGPgPM.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Dewan Pers terus melakukan verifikasi perusahaan pers di Indonesia. Dari verifikasi tersebut, Dewan Pers hanya meloloskan sedikit portal media siber dari ribuan portal yang ada di Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Dewan Pers, http://www.dewanpers.or.id, Minggu (19/2/2017), tercatat sudah ada 78 media yang terverifikasi faktual dan administrasi. Namun hanya ada tujuh media siber yang lolos verifikasi tersebut.

Media siber yang lolos tersebut antara lain, Okezone.com, Detik.com, Kompas.com, Metrotvnews.com, Viva.co.id, RMOL.com, dan Arah.com.

Seperti diketahui, Dewan Pers menjelaskan verifikasi perusahaan pers adalah amanat Pasal 15 Ayat (2) g Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Verfikasi mengacu pada empat peraturan Dewan Pers yang telah diratifikasi sebagai pemilik dan pemimpin perusahaan pers dalam Piagam Palembang pada 9 Februari 2010.

Keempat peraturan tersebut berupa kode etik jurnalistik, standar perusahaan pers, standar kompetensi wartawan, dan standar perlindungan profesi wartawan.

Selain untuk mendata perusahaan pers, verifikasi dilakukan untuk memastikan pelaksanaan komitmen perusahaan media dalam menegakkan profesionalitas dan perlindungan kepada wartawan, perusahaan pers yang diverifikasi akan diberikan sertifikat dan nantinya akan diberi logo dengan ‘QR code’ untuk media cetak dan online, serta ‘bumper in dan out’ untuk media pernyiaran radio dan televisi sebagai penanda sudah terverifikasi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini