Wiranto Beri Misi ke Wantanas untuk Awasi Pelaksanaan Bela Negara

Reni Lestari, Okezone · Jum'at 17 Februari 2017 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 17 337 1621008 wiranto-beri-misi-ke-wantanas-untuk-awasi-pelaksanaan-bela-negara-F99xorZKZh.jpg Menko Polhukam, Wiranto (foto: Reni/Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto memberikan misi kepada Dewan Pertahanan Nasional (Wantanas) untuk mengawal pelaksanaan program bela negara. Selama ini diketahui, program bela negara berada di bawah koordinasi Kementerian Pertahanan.

"Kita tidak membuat badan baru, tapi kita mengubah-suaikan fungsi dan tugas Wantanas yang tadinya hanya berbicara tugas-tugas dalam tataran konsep ketahanan nasional untuk diserahkan kepada Presiden. Maka sekarang Wantanas kita berikan misi yang lebih aplikatif, yang lebih membumi untuk merancang, merencanakan, mengawasi, mengendalikan kegiatan pemantapan bela negara kepada seluruh warga negara Indonesia," kata Wiranto di Kemenko Polhukam, Jumat (17/2/2017).

Misi ini juga telah dikoordinasikan dengan sejumlah kementerian lembaga terkait untuk dilakukan penyesuaian bentuk bela negara berdasarkan latar belakang pendidikan maupun profesi.

"Semuanya kan merupakan komponen bangsa, Bagaimana keseluruhan itu menyadari atas kewajibannya untuk bersama-sama melaksanakan bela negara," sambungnya.

Dewan Pembina Partai Hanura ini menjelaskan, tujuan utamanya, memberikan pemahaman kepada setiap elemen masyarakat tentang rasa memiliki negeri. Sehingga diharapkan, setiap elemen masyarakat dalam berkontribusi melalui bidang masing-masing.

"Kalau sudah ada kesadaran seperti itu, maka saya kira dengan mudah kita dapat mempertahankan negeri ini dari semua ancaman," lanjut Wiranto.

Kesadaran soal bela negara juga disebut mampu memperkecil kemungkinan adanya konflik horizontal antar masyarakat maupun konflik vertikal dengan pemerintah.

"Tadi sudah bulat Kementerian lembaga terkait bersama-sama merumuskan ini," pungkas dia.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini