nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Dalami Aspek Hukum Laporan Antasari

Badriyanto, Jurnalis · Kamis 16 Februari 2017 23:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 16 337 1620520 polisi-dalami-aspek-hukum-laporan-antasari-HksuDnYIr0.jpg Mantan Ketua KPK Antasari Azhar (Foto: Antara)

JAKARTA - Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar mengungkapkan, polisi sedang mempelajari aspek hukum laporan mantan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Antasari Azhar, terkait dugaan tindak pidana persangkaan palsu karena berkaitan dengan perkara yang sudah disidangkan dan berkekuatan hukum.

"Itu kan berkaitan dengan kasus yang sudah disidangkan, istilahnya sudah mendapat keputusan tetap, sudah inkracht bahkan sudah ada inkracht lagi. Ini yang akan dipelajari dulu aspek hukumnya oleh penyidik," ungkap Boy di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Apalagi, lanjut Boy, Antasari sudah mengajukan grasi dan grasi tersebut sudah dipenuhi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), maka secara otomatis Antasari sudah mengakui kesalahannya dan tidak perlu diungkit.

"Ini berkaitan dengan perkara yang memiliki kekuatan hukum yang tetap, sudah sampai ke PK bahkan Pak Antasari sendiri sudah mendapat grasi dari Pak Presiden. Artinya kalau orang mohon grasi kan orang mengakui dari perbuatan yang dilakukan, meminta pengampunan," tegasnya.

Dikatakan Boy, laporan Antasari tesebut diperlukan penelusuran lebih jauh untuk mencari aspek hukumnya apakah berkaitan atau tidak dengan perkara hukum sebelumnya yang sudah dilalui.

"Jika ada hal-hal berkaitan lainnya, berkaitan dengan proses itu maka perlu penelusuran yang cermat oleh penyidik. Karena akuntabilitas perkara sudah melalui sedemikian rupa kecuali perkaranya belum sampai tahap itu," pungkasnya.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini