nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SBY: Apakah Tidak Boleh AHY Ikut Pilkada

Bayu Septianto, Jurnalis · Selasa 14 Februari 2017 22:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 14 337 1618462 sby-apakah-tidak-boleh-ahy-ikut-pilkada-RIFVetMoDS.jpg foto: antara

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meyakini pernyataan mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar ada kaitannya dengan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada Rabu (15/2/2017) besok. 

SBY pun mempertanyakan, apakah putera sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tidak boleh maju dalam pesta demokrasi di Jakarta. Pasalnya SBY merasa nama baik dirinya dan keluarganya tercoreng sejak AHY dijagokan Partai Demokrat dan sejumlah parpol lainnya ikut dalam Pilgub DKI Jakarta.

"Saya merasakan, sejak Agus Harimurti Yudhoyono maju sebagai gubernur Jakarta, bukan main tekanan, fitnah, dan pembunuhan karakter, terhadap saya dan keluarga. Saya bertanya dalam hati, apakah tidak boleh Agus Harimurti Yudhoyono menggunakan hak konstitusionalnya untuk ikut dalam Pilkada DKI Jakarta," tanya SBY di kediamannya di Mega Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Selasa (14/2/2017).

SBY bahkan berani mengatakan demokrasi dan keadilan di Indonesia telah mengalami ancaman serius.

"Saya harus mengatakan, karena hampir tidak ada yang berani mengatakan, wajah demokrasi, kebebasan, dan keadilan di negeri ini mengalami ancaman yang serius," kata SBY.

Menurut SBY, ia juga mempertanyakan adanya cara tidak ksatria sehingga ada calon yang harus dimenangkan dengan berbagai cara sampai harus merusak demokrasi.

"Apakah memang seseorang harus dimenangkan dengan segala cara, mutlak dan harga mati? Sehingga saingan kuatnya harus dihancurkan dengan cara-cara tidak kesatria dan tidak demokratis," tukas SBY. (sym)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini