Fadli Zon: Wajar Rumah SBY Didemo

Bayu Septianto, Okezone · Selasa 07 Februari 2017 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 07 337 1611633 fadli-zon-wajar-rumah-sby-didemo-1ivOcFWqcT.jpg Wakil Ketua DPR Fadli Zon (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai wajar adanya demonstrasi yang dilakukan elemen mahasiswa secara tiba-tiba di depan rumah presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Jalan Mega Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan, Senin 6 Februari 2017.

"Saya kira wajar saja ada protes semacam itu," ujar Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (7/2/2017).

Meski demonstrasi itu dianggap wajar, Fadli tetap meminta setiap elemen masyarakat yang ingin berunjuk rasa harus mentaati aturan yang berlaku.

"Saya kira sudah ada aturannya soal demo itu seperti apa, apakah itu boleh di rumah pribadi atau tidak, itu kan ada aturannya," ujar Fadli.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menilai setiap aksi demonstrasi pasti ada orang yang menjadi motor penggerak, termasuk pula dalam aksi unjuk rasa kemarin di rumah pribadi SBY.

"Karena memang itu pun kelihatan sekali direkayasa untuk mungkin menakut-nakuti atau apa, mungkin bisa juga dicek saja di belakang mahasiswa itu siapa," tutur Fadli.

Fadli pun meminta ketegasan aparat kepolisian sehingga tak ada upaya kriminalisasi setelah terjadinya aksi demonstrasi kemarin. Pasalnya, Fadli khawatir saat ini kepolisian dijadikan alat politik bagi penguasa untuk menindas rakyat kecil.

"Karena hukum dan aparat penegak hukumnya sekarang ini sedang menjadi alat politik dan kekuasaan, terlalu transpran dan terlalu nyata kelihatan, dan rakyat kita ini tidak bodoh untuk melihat itu, cuma mungkin masih segan untuk menyatakan itu," tukasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini