nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Duh Gusti, Kantong Darah Terinfeksi HIV Ditemukan di Kota Bengkulu

Demon Fajri, Jurnalis · Kamis 26 Januari 2017 12:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 01 26 337 1601532 duh-gusti-kantong-darah-terinfeksi-hiv-ditemukan-di-kota-bengkulu-f3qNOLKj3Q.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

BENGKULU - Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, menemukan lima kantong darah yang terinfeksi atau tercemar HIV/AIDS, hepatitis B dan C, dan sipilis.

Penemuan itu, kata Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Bengkulu, dr. Annelin Kurniati, pada bulan Januari 2017. Selain itu, kata dia, darah yang terinfeksi atau tercemar itu disimpan atau disimpan di bank darah terpisah dengan darah lainnya.

"Kita telah mendata lima orang yang terjangkit infeksi tersebut dan sudah memberitahu jika darah yang didonorkan tersebut sudah tercemar HIV/AIDS, Hepatitis dan Sipilis," kata Annelin Kurniati, saat ditemui okezone, Kamis (26/1/2017).

"Kantong darah tersebut langsung disimpan dan tidak disalurkan kepada pasien," sambung Annelin.

Pendonor yang terinfeksi itu, lanjut Annelin, berasal dari warga Kota Bengkulu. Dimana secara keseluruhan pendonor yang terinfeksi telah dilakukan pembinaan. Darah yang terinfeksi itu, sambung dia, mulai dari darah A, B, AB, dan 0.

Annelin menyampaikan, darah yang terinfeksi tersebut diketahui setelah adanya pengecekan tim medis. Pengecekan tersebut guna mengetahui apakah darah tersebut tercemar atau tidak. Namun, saat dicek ditemukan kantong darah yang terinfeksi HIV/AIDS, Hepatitis dan Sipilis.

"Nanti darah yang terinfeksi itu akan dimusnahkan. Untuk sementara kita simpan secara terpisah dengan darah lainnya," jelas Annelin.

"Darah yang terinfeksi itu bisa dari sukarela, atau anggota keluarga yang mendonor," demikian Annelin.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini