IPW Anggap Polri Terburu-Buru Tangani Kasus Bansos Sylviana Murni

Ferio Pristiawan Ekananda, Okezone · Minggu 22 Januari 2017 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 22 337 1597936 ipw-anggap-polri-terburu-buru-tangani-kasus-bansos-sylviana-murni-oMtZeJ3ugu.jpg Ketua Presidium IPW, Neta S Pane (Okezone)

JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) sangat menyayangkan, jika benar ada kesalahan pihak Kepolisian yang memeriksa calon wakil gubernur DKI nomor urut 1, Sylviana Murni dalam kasus pengelolaan dana bantuan sosial.

Padahal, Sylviana Murni telah mengklarifikasi bahwa dana yang ia kelola sewaktu menjabat sebagai Ketua Kwarda Pramuka DKI adalah ‎dana hibah bukan dana bansos.

"‎Jika benar ada kesalahan, hal ini menunjukkan penyidik Polri tidak cermat, tidak profesional dan terlalu terburu-buru," ungkap Presidium IPW, Neta S Pane dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (22/1/2017).

Tak hanya itu, dengan adanya kesalahan dalam kasus yang kini ditangani Direktora Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) Bareskrim Polri tersebut, Sylviana bisa menuntut balik dan mempraperadilkan pihak Polri.

Sebab, Sylviana yang kini berstatus sebagai cawagub DKI nomor urut 1 bisa saja merasa nama baiknya telah dicemarkan dan merasa telah dikriminalisasi.

"Polri bisa dituntut agar minta maaf jika benar ada kesalahan," tuturnya.

Pasalnya, diketahui dana hibah tidak ‎hanya diterima oleh Kwarda Pramuka DKI, melainkan institusi lainnya juga menerima.

"Polri juga menerima dana hibah dari Pemprov DKI Jakarta. Tahun 2016, TNI Polri menerima Rp130 miliar dari Pemprov DKI, khusus Polda Metro Rp41 miliar," terangnya.

Karena itu, Polri harus menjelaskan bagaimana bentuk pertanggungjawaban dana hibah tersebut. "Dalam aturan di Permendagri Nomor 32 Tahun 2011 antara dana bansos dan dana hibah sangat berbeda. Pertanggungjawabannya juga berbeda," tambahnya.

‎"Jika Bareskrim menyamakannya, ini kesalahan fatal dan semakin menunjukkan Polri tidak profesional dalam menangani sebuah perkara," tutupnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini