nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mensos Khofifah: 276 Ribu Lebih Orang Indonesia Idap HIV/AIDS

Djamhari, Jurnalis · Jum'at 20 Januari 2017 17:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 01 20 337 1596786 mensos-khofifah-276-ribu-lebih-orang-indonesia-idap-hiv-aids-XVW3L7npOH.jpg Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa (Foto: Okezone)

BEKASI – Kementerian Sosial mencatat angka penderita HIV/AIDS (ODHA) yang ada di Indonesia sudah sangat memprihatinkan yakni lebih dari 276 ribu orang. Hal itu sebagaimana dipaparkan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

"Jumlah ini tercatat di Kemensos yang terdiri dari 198 ribu orang lebih menderita HIV, dan 78 ribu orang lebih menderita AIDS. Totalnya mencapai 276 ribu orang di Indonesia menderita atau mengidap HIV/AIDS," kata Khofifah di Bekasi, Jumat (20/1/2017).

Ia melanjutkan, jumlah yang tercatat oleh pihaknya ini pun hanya mendata mereka yang melakukan konsultasi ke dokter dan mengecek darah melalui layanan kesehatan. Sementara masih banyak penderita yang tidak terdata di Kemenkes, sebab tidak melakukan konsultasi dan cek darah.

"Untuk yang tidak terdata oleh kami masih sangat banyak. Jadi ada yang menyebutkan estimasikan kali 10 atau 99 kali lebih banyak dari data yang ada di Kemensos, dan dengan angka ini pun jelas sangat mengkhawatirkan," jelas Khofifah.

Dirinya berharap dengan konsep kemandirian layanan rehabilitasi sosial bagi penderita HIV/AIDS (ODHA) oleh pihaknya, angka penderita yang kerap masih sangat kuat terbentur dengan stigma dan diskriminasi dapat dikurangi.

"Kami ingin meningkatkan status sosial mereka, terutama ekonominya, agar stigma dan diskriminasi kepada para ODHA bisa diminimalisasi yakni dengan konsep yang baik melalui program kemandirian," tandas Khofifah.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini