Share

Pansel Segera Setorkan Nama Calon Komisioner KPU-Bawaslu ke Presiden

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 17 Januari 2017 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 17 337 1593709 pansel-segera-setorkan-nama-calon-komisioner-kpu-bawaslu-ke-presiden-H0U6Pgqwpy.jpg Pansel KPK-Bawaslu ke KPK (Foto: Arie Dwi)

JAKARTA - ‎Panitia Seleksi (Pansel) calon Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan segera menyetorkan nama-nama calon komisioner KPU dan Bawaslu ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, kata anggota Pansel KPU-Bawaslu, Beti Alisjahbana, nama-nama yang sudah dikantongi oleh Pansel akan dilakukan penyeleksian terlebih dahulu sebelum nantinya disetorkan ke Presiden Jokowi.

‎"Ini tahap terakhir, ‎dari sini kita akan serahkan 14 nama calon anggota KPU, dan 10 nama calon anggota Bawaslu ke Presiden," ujar Beti saat menyambangi Kantor KPK, di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2017).

Diketahui, perwakilan Pansel KPU-Bawaslu menyambangi Kantor KPK pada hari ini. Kedatangan mereka untuk meminta bantuan lembaga antirasuah menelusuri rekam jejak para calon komisioner KPU tersebut.

Saat ini, sudah ada 38 calon komisioner KPU yang mendafta‎rkan diri. Sedangkan dari komisioner Bawaslu tercatat sebanyak 22 orang. Dari puluhan nama calon komisioner tersebut, nantinya akan disaring dan dipilah-pilih kembali sebelum disetorkan ke Presiden Jokowi.

"Jadi, untuk anggota KPU akan kita pilih menjadi 14 orang karena yang dibutuhkan hanya 7, dan calon anggota Bawaslu kita pilih menjadi 10 karena yang dibutuhkan hanya 5," ujar Beti.

Beti menambahkan, proses seleksi calon komisioner KPU-Bawaslu tersebut memasuki tahap akhir sebelum diserahkan ke Presiden. Nantinya, setelah disaring Jokowi, nama-nama calon komisioner KPU tersebut akan dilanjutkan ke DPR.

"Nanti dari Presiden akan ke DPR. Di DPR akan ada fit and proper test. Kalau (diserahkan dari Presiden) ke DPR kita enggak tahu, tapi kalau kita (Pansel) ke Presiden sebentar lagi," tandasnya.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini