Share

Pansel Telusuri Rekam Jejak Calon Komisioner KPU-Bawaslu ke KPK

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 17 Januari 2017 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 17 337 1593659 pansel-telusuri-rekam-jejak-calon-komisoner-kpu-dan-bawaslu-ke-kpk-ACo1YQTE2u.jpg Pansel KPK-Bawaslu ke KPK (Foto: Arie Dwi)

JAKARTA - Perwakilan Panitia Seleksi (Pansel) Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Selasa (17/1/2017).

Kedatangan Pansel KPU-Bawaslu untuk menelusuri rekam jejak para calon komisioner KPU dan Bawaslu. Dari hasil koordinasi dengan pihak KPK, perwakilan pansel pun mendapatkan data-data rekam jejak para calon anggota KPU dan Bawaslu.

"Data-data ini akan kami gunakan sebagai masukan agar kami bisa memilih anggota Bawaslu dan KPU yang berintegritas serta independen," ujar salah satu an‎ggota Pansel KPU-Bawaslu, Beti Alisjahbana di Gedung KPK.

Menurutnya, saat ini sudah ada 38 calon komisioner KPU yang mendafta‎rkan diri, sedangkan komisioner Bawaslu tercatat sebanyak 22 calon anggota. Puluhan nama calon anggota tersebut, nantinya akan disaring dan dipilah-pilih kembali sebelum disetorkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi, untuk anggota KPU akan kita pilih menjadi 14 orang karena yang dibutuhkan hanya 7, dan calon anggota Bawaslu kita pilih menjadi 10 karena yang dibutuhkan hanya 5," jelas Beti.

Beti mengakui, memang ada sejumlah nama orang lama di KPU maupun Bawaslu yang mendaftarkan diri kembali. Namun, dipastikan ‎mereka tetap akan mengikuti alur proses seleksi seperti yang lainnya.

"Nanti akan kita bahas, tapi kita yakinkan semua nama sudah dilakukan penelitian, kita dapatkan informasi," tukasnya.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini