Mendagri Minta Seluruh Elemen Masyarakat Ikut Bela Negara

Fadel Prayoga, Okezone · Kamis 12 Januari 2017 18:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 12 337 1590018 mendagri-minta-seluruh-elemen-masyarakat-ikut-bela-negara-2cLp75kFDN.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, meminta semua elemen masyarakat Indonesia harus mengikuti program bela negara. Sebab, hal itu sudah sangat mendesak agar Indonesia memiliki warga negara yang mental dan fisiknya berjiwa militer.

“Saya kira wajib (bela negara), kalau di kami, IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri), wajib setelah lulus dia harus ikut pendidikan bela negara plus wajib militer," ujar Tjahjo saat ditemui di Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2017).

Menurut Tjahjo, bela negara wajib dilakukan oleh masyarakat Indonesia agar bila negara dalam keadaan darurat, masyarakat sudah siap. Namun, bela negara bukan berarti wajib militer. Sebab, bela negara tidak mewajibkan semua elemen masyarakat bisa menggunakan senjata dan berperang.

“Setidaknya program itu dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang UUD, Pancasila, dan Bhineka Tunggal Ika. Sehingga bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Menurutnya, hal tersebut sangat penting untuk dilakukan segera. Karena kini banyak warga negara yang meninggalkan dasar negara Indonesia tersebut.

“Kami tidak ingin generasi berikutnya makin tidak mengenal dasar negara Indonesia, yakni Pancasila,” pungkasnya.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini