Kemenkominfo Blokir 800 Ribu Situs hingga Desember 2016

Bayu Septianto, Okezone · Sabtu 07 Januari 2017 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 07 337 1585593 kemenkominfo-blokir-800-ribu-situs-hingga-desember-2016-6NwBue24FD.jpg Foto: Ilustrasi

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebut ada ratusan ribu laporan yang masuk untuk meminta memblokir situs tertentu. Banyaknya permintaan itu juga dibarengi reaksi pemerintah yang telah memblokir ratusan ribu situs hingga Desember 2016.

"Hampir 800 ribu yang laporan masuk sudah jadi data base kita. Wajib dilakukan pemblokiran. Sudah sebanyak itu juga yang diblokir," kata Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam Diskusi Polemik Sindo Trijaya di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/1/2017).

Semuel menjelaskan, pemblokiran situs dilakukan lantaran dinilai memuat konten negatif di antaranya konten bernada provokatif dan menyebarkan paham radikal, dan berita atau kabar hoax (bohong).

"Pemblokiran ini tahap warning, masih bisa diproses secara hukum," tambah Semuel.

Semuel membantah memblokir media-media jurnalistik. Menurutnya, situs-situs yang diblokir hanya mirip dengan media online jurnalistik.

"Kita belum pernah blokir media jurnalistik, yang mengaku media jurnalistik iya. Kalau yang mengaku media jurnalistik, ikuti kaidahnya," ucap Semuel.

Pemblokiran ini, lanjut Semuel, merupakan sikap tegas pemerintah dan diharapkan sebagai bentuk pembelajaran bagi masyarakat, khususnya dalam bertransaki atau berkomunikasi di jagat maya.

"Masyarakat harus pandai memanfaatkan teknologi," tukas Semuel.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini