Proses Rekrutmen Komisioner Baru, Komnas HAM Minta Didampingi KPK

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 03 Januari 2017 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 03 337 1582396 proses-rekrutmen-komisioner-baru-komnas-ham-minta-didampingi-kpk-lkp3M6xv5P.jpg Komisioner Komnas HAM saat berkunjung ke KPK (Foto: Arie Dwi Satrio/Okezone)

JAKARTA - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Imdadun Rahmat berharap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dapat membantu ‎pihaknya dalam seleksi pemilihan calon anggotanya.

Hal tersebut diungkapkan Imdadum untuk mengantisipasi adanya calon anggota Komnas HAM yang terlibat dalam tindak pidana‎ korupsi. Pasalnya, dalam waktu dekat Komnas HAM akan segera melakukan rekruitmen untuk periode 2017-2021.

"Kita meminta kepada KPK untuk melihat rekam background check dari para calon," ujarnya saat menyambangi Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2017).

Selain itu, Imdadun juga kembali meminta pendampingan ‎dari lembaga antirasuah untuk pengawasan sistem keuangan di internalnya. Hal ini untuk mengantisipasi kembali terjadinya dugaan pengeluaran fiktif dalam penggunaan anggaran Komnas HAM.

"Kemudian berikutnya terkait permintaan Komnas HAM untuk pendampingan pengembangan sistem internal dalam rangka pencegahan agar keuangan Komnas HAM di masa akan datang makin akuntabel makin bersih dan kita bisa mengembalikan Komnas HAM menjadi lembaga yang terpercaya," tukasnya.‎

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini