Natal dan Tahun Baru Berjalan Kondusif, Kinerja Polri Diapresiasi

Dara Purnama, Okezone · Minggu 01 Januari 2017 23:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 01 337 1580915 natal-dan-tahun-baru-berjalan-kondusif-kinerja-polri-diapresiasi-lOEwzq4zfM.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Kinerja Polri dalam rangka mengamankan Natal dan Tahun Baru 2017 mendapatkan apresiasi dari sejumlah pihak. Salah satu yang mengapresiasi itu adalah anggota Komisi III DPR RI , Masinton Pasaribu.

"Saya mengapresiasi personil kepolisian yang sudah bertugas dengan baik mengamankan Natal dan Tahun Baru 2017. Walaupun ada sedikit riak-riak kecil di Bandung (pembubaran Natal) saya rasa itu menjadi bagian untuk semakin meningkatkan profesionalitas Polri ke depan," kata Masinton ketika dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Minggu (1/1/2017).

Secara keseluruhan, lanjut Masinton kinerja kepolisian sudah berjalan dengan baik dalam mengantisipasi potensi gangguan keamanan, kamtibmas hingga gangguan dari ancaman teror.

"Kita bisa lihat sendiri suasana Natal dan Tahun Baru 2016 berlangsung aman dan kondusif dan ini tidak terlepas dari kerjasama antara kepolisian dan masyarakat," katanya.

Selain DPR, Kompolnas juga turut mengapresiasi kinerja kepolisian dalam rangka pelaksanaan pengamanan melalui Operasi Lilin 2016.

"Kami senang dan mengapresiasi tinggi kepada Polri yang telah melaksanakan tugas dengan baik. Kami bersyukur Polri dengan sigap dapat menggagalkan upaya jaringan teroris yang berencana meledakkan bom di beberapa daerah seperti Magelang, Palu bahkan Padang," kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti.

Jika dibandingkan dengan luar negeri seperti Turki, Jerman dan Mesir, menurutnya Indonesia harus bersukur di mana Polri mampu menggagalkan rencana-rencana teror. "Kita wajib bersyukur di Indonesia kelompok-kelompok teror itu mampu digagalkan oleh Polri," paparnya.

Sementara itu, Pengamat Intelijen Susasningtyas Kertopati menilai Polri sudah cukup bagus dalam melaksanakan tugas pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017.

"Posko-posko pengamanan ditempatkan di setiap Polsek. Satuan tugas yang terintegrasi antara bagian di Polri sudah banyak kemajuan. Bahkan unsur intelkam, reserse, lantas hingga binmas diikutsertakan dalam upaya pengamanan tersebut," kata wanita yang akrab disapa Nuning ini.

Kendati demikian, pihaknya menyarankan agar ke depan Polri menambah kekuatan personil di wilayah yang tingkat geografisnya sulit seperti Papua, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur. Selain itu, walau malam pergantian tahun telah usai menurutnya Densus 88 tidak boleh lengah terhadap potensi gangguan teror pada semua elemen masyarakat.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini