Terungkap, Ika Puspitasari Calon "Pengantin" yang Akan Ledakkan Bom di Bali

Dara Purnama, Okezone · Kamis 22 Desember 2016 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 22 337 1573241 terungkap-ika-puspitasari-calon-pengantin-yang-akan-ledakkan-bom-di-bali-Lp96HKk9XS.jpg

JAKARTA – Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri berhasil menangkap seorang perempuan bernama Ika Puspitasari, warga Dusun Tegalsari, Desa Bernggong, Kabupaten Purworejo. Berdasarkan hasil pengembangan penyelidikan, Ika disiapkan sebagai "pengantin" bom bunuh diri di luar pulau Jawa.

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul, mengkonfirmasi bahwa sasaran peledakan di luar pulau Jawa itu direncanakan akan dilakukan Ika dan jaringannya di Pulau Bali.

"Yang di Bali merupakan hasil monitoring yang dilakukan teman Densus 88 Antiteror dan pengamanan di Bali hampir sama dengan pengamanan di sini dan seluruh wilayah," kata Martinus di Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (22/12/2016).

Menurut Martinus, seluruh wilayah di Indonesia memang ditingkatkan pengamanannya pada akhir tahun ini. Hal ini mengingat adanya momen Natal dan Tahun Baru 2017. Mantan Kapolda Metro Jaya itu pun menampik bila hanya wilayah Bali yang diperketat pengamanannya.

"Jadi pengamanan di Bali sama saja dengan daerah lain, tidak ada perbedaan. Hanya saja ini posisi dalam momen akhir tahun Natal dan Tahun Baru di mana aktivitas masyarakat dipenuhi dengan keramaian di satu tempat dan ini menjadi kalender ketertiban dan keamanan yang menjadi perhatian bagi Polri," ujarnya.

Ika Puspitasari sendiri memang diketahui menjadi bagian dari kelompok terorisme pemilik bom di Bekasi. Tak hanya Ika, ada Diyan Yulia Novi yang disiapkan sebagai "pengantin" yang akan meledakkan bom di Istana Negara saat pergantian petugas jaga Paspampres. Namun, aksi itu belum jadi terlaksana karena mampu diungkap Densus 88.

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini