Selain Bekasi, Peracik Bom Solo Siapkan "Pengantin" Wanita di Purworejo

Dara Purnama, Okezone · Senin 19 Desember 2016 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 19 337 1570218 selain-bekasi-peracik-bom-solo-siapkan-pengantin-wanita-di-purworejo-jzhmk8BVHS.jpg foto: Illustrasi Okezone
 

JAKARTA - Penangkapan terduga teroris di Solo pada Minggu 18 Desember 2016, masih berkaitan dengan jaringan teroris bom Panci di Bekasi, Jawa Barat.

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul, menjelaskan bahwa dua orang yang ditangkap di Solo yakni TS dan YSR ini merupakan peracik bom yang akan diledakkan di luar Pulau Jawa. "Pengantin" atau eksekutor bom bunuh diri yang akan meledakkan bom tersebut adalah Ika Puspitasari yang ditangkap di Purworejo, Kamis 15 Desember 2016.

"Tersangkanya dua orang atas nama TS dan YJR. Ini ditangkap di Solo dan perannya sebagai peracik dan pembuat bom yang akan digunakan oleh orang yang ditangkap di Purworejo atas nama I yang ditangkap 4 hari lalu," kata Martinus di Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (19/12/2016).

Martinus menjelaskan, terduga teroris berinisial I yang ditangkap di Puworejo adalah wanita. Perannya sama dengan Diyan Yulia Novi yang direkrut sebagai "pengantin" bom panci di Bekasi.

"Ada dua pengantin di sini, satu adalah D untuk bom yang akan diledakkan di depan istana dan satu lagi I untuk diledakkan di luar pulau Jawa," sambungnya.

Pasca-pengungkapan bom panci di Bekasi tersebut, sudah ditangkap 14 orang terduga teroris.

"Jadi di Bekasi tiga orang, lalu pada hari yang sama ditangkap 1 di Sukoharjo, habis itu tiga orang ditangkap Solo, Ngawi, Klaten. Setelah itu Tasik awalnya dua bersama suaminya satu dikembalikan satu diproses. Lalu besoknya di Puworejo satu, kemudian Sabtu kemarin tiga di Solo, dan hari Minggu dua orang," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini