Jokowi Instruksikan Panglima TNI Tangani Rehabilitasi Aceh Pascagempa

Reni Lestari, Okezone · Jum'at 16 Desember 2016 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 16 337 1568449 jokowi-instruksikan-panglima-tni-tangani-rehabilitasi-aceh-pascagempa-1uu4DgVOBl.jpg Presiden Joko Widodo (Dok. Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas dengan tema penanganan gempa bumi di Aceh. Dalam pembukanya, Jokowi mengapresiasi penanganan tiga hari pascagempa yang berlangsung dengan cepat. Jokowi diketahui telah dua kali mengunjungi lokasi gempa di Aceh, yakni pada Kamis, 8 dan 15 Desember 2016.

"Saya melihat bahwa penanganan di awal tiga hari setelah kejadian sangat cepat dan sangat bagus sekali. Kemudian pada kunjungan saya yang kedua saat itu saya hanya ingin memastikan bahwa seluruh rakyat mendapat bantuan," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/12/2016).

Sementara itu, pembangunan kembali rumah-rumah warga yang rusak juga sudah dilakukan. Dalam upaya rekonstruksi, selain melibatkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jokowi juga meminta Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo juga turun tangan.

"Saya minta nanti bantuan dari TNI, dari Panglima TNI agar ini juga dikerahkan dalam proses rekonstruksi yang segera akan dimulai baik yang rusak berat, rusak sedang, maupun rusak ringan," ucap dia.

Namun yang utama, Jokowi meminta kepada Kepala BNPB Willem Rampangilei untuk segera memulai langkah-langkah rehabilitasi dan rekonstruksi fasilitas-fasilitas umum di daerah terdampak gempa. Proses rehabilitas dan rekonstruksi ini harus dikerjakan dapam waktu cepat.

"Saya minta Kepala BNPB menyampaikan laporan dan langkah-langkah konsolidasi dan koordinasi terutama dalam soal jumlah dan kaitannya dengan lokasi dan jenis kebutuhan yang diperlukan," kata Jokowi.

"Saya ingin agar semuanya bisa dikerjakan secepat-cepatnya terkait dengan penanganan pascabencana agar proses rehabilitasi dan rekonstruksi secepat-cepatnya di mulai," tukas mantan Gubernur DKI ini.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini