Komisi III DPR: Pemanggilan Eko Patrio Harus Melalui MKD Terlebih Dahulu

Salsabila Qurrataa'yun, Okezone · Jum'at 16 Desember 2016 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 16 337 1568214 komisi-iii-dpr-pemanggilan-eko-patrio-harus-melalui-mkd-terlebih-dahulu-jZxMafHcUG.jpg Komisi III DPR, Desmond (foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond Junaidi Mahesa menyayangkan sikap polri yang memanggil Ketua DPW PAN DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio terkait ucapannya bahwa penangkapan teroris untuk mengalihkan isu penistaan agama.

Menurutnya, pemanggilan tersebut haruslah melalui MKD DPR terlebih dahulu. Sebab, kata Desmon, Eko bertatus anggota dewan yang memiliki perlindungan hukum.

"Ini yang menurut aku yang perlu kita pahami, kalau manggil anggota DPR kirim surat ke MKD untuk pemberitahuan panggil orang. Dari situlah angota DPR dipangil MKD," kata Desmond kepada wartawan, Jumat (16/12/2016).

"Jadi enggak bisa anggota dewan dipanggil politik tanpa mekanisme kedewanan. Dia (Eko) itu punya perlindungan anggota dewan terhadap imunitasnya," tambahnya.

Oleh karena itu, ia menyebutkan bahwa pihak kepolisian tidak bisa begitu saja memanggil Eko. Selain itu, Desmon menilai Polri tidak mengerti aturan hukum di lingkungan parlemen.

"Tidak bisa polisi mangil seenaknya anggota dewan. Kalau ada polisi panggil Eko, menurut saya pihak kepolisian tidak paham tata cara anggota dewan hari ini," tutupnya.

Seperti diketahui, sempat beredar di media massa apabila Eko Patrio menyebut penangkapan teroris di Bekasi merupakan pengalihan isu kasus penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini