Pilkada Serentak, Aceh dan Papua Rentan Bermasalah

Ferio Pristiawan Ekananda, Okezone · Rabu 14 Desember 2016 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 14 337 1566505 pilkada-serentak-aceh-dan-papua-rentan-bermasalah-UnK29QJJQk.jpg

JAKARTA - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) merilis 5 daerah dengan jumlah pengaduan terbanyak dalam kurun waktu setahun. Laporan tersebut berdasarkan temuan selama 2016. 

Disebutkan dalam laporan DKPP, 5 Provinsi terbanyak antara lain; Provinsi Papua sebanyak 26 pengaduan, Provinsi Sumatera Utara 24 pengaduan, Provinsi Sulawesi Tengah 22 pengaduan, Provinsi Sulawesi Tenggara 22 pengaduan, dan Provinsi Aceh sebanyak 20 pengaduan.

Dari hal tersebut muncul kekhawatiran bahwa Provinsi Aceh dan Papuan menjadi daerah yang paling rawan dalam Pilkada serentak 2017. Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU RI), Juri Ardiantoro menyadari bahwa temuan itu memang benar adanya. Namun, perlu juga tetap melihat indikator lainnya.

"‎Ya bisa dipahami Aceh dan Papua memang rawan tapi harus dilihat indikator lainnya," ujar Juri di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2016)

Penyebab kerawanan dikarenakan dua Provinsi yang terbanyak dalam menyelenggarakan pemilihan umum (pemilu).

Juri menjelaskan, setidaknya ‎ada 11 daerah pemilihan di Papua dan 20 daerah pemilihan di Aceh. Dengan demikian, Juri berh‎arap agar daerah-daerah yang memiliki kecenderungan selalu terjadi masalah dalam pemilu bisa dicetuskan kebijakan untuk mengurangi masalah yang kerap kali terjadi.

"‎Papua dan aceh ini 2017 merupakan dua Provinsi yang terbanyak pemilihannya. Sehingga kalau ada banyak masalah ya wajar karena pilkadanya banyak," tukasnya. (sym)

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini