nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komisi I Gelar Fit and Proper Test 10 Calon Dubes

Bayu Septianto, Jurnalis · Selasa 13 Desember 2016 11:21 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 13 337 1565257 komisi-i-gelar-fit-and-proper-test-10-calon-dubes-vUmAHsDEdx.jpg

JAKARTA - Komisi I DPR akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap calon duta besar (Dubes) Indonesia untuk negara-negara sahabat hari ini, Selasa (13/12/2016). Pengujian dilakukan sebagai bahan pertimbangan bagi pemerintah soal layak atau tidaknya calon untuk menjadi duta besar.

Wakil Ketua Komisi I, Tubagus Hasanuddin, menyebutkan dari 23 nama yang diajukan pemerintah, Komisi I hanya akan menguji 10 orang pada hari ini, sedangkan sisanya dilanjutkan pada Rabu 14 Desember 2016.

"Ini sudah dari pemerintah, silakan diuji, sekarang 10 dulu. Pengumumannya besok malam," kata Tubagus Hasanuddin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (13/12/2016).

Menurut Hasanuddin, pada dasarnya Komisi I hanya menguji dan memberikan catatan kepada pemerintah, namun persetujuan akhir tetap di tangan pemerintah.

"Layak atau tidak layak, layak dengan catatan, ya memberikan catatan saja," ujar Hasanuddin.

Hanya saja, politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu belum mau menyebutkan nama-nama calon dubes yang akan diuji siang nanti. Ia juga belum mengetahui apakah pengujian dilaksanakan terbuka atau tertutup.

"Mungkin tertutup, tapi kalau keputusan terbuka. Kita akan terbuka," simpulnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini