nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemindahan Tempat Sidang Ahok Tak Cukup Beralasan Secara Hukum

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Sabtu 10 Desember 2016 08:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 10 337 1563579 pemindahan-tempat-sidang-ahok-tak-cukup-beralasan-secara-hukum-ebb9b1rTh0.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Sidang kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) rencananya akan digelar perdana pada Selasa, 13 Desember 2016.

Namun demikian, tempat untuk melangsungkan persidangan tersebut saat ini masih menjadi kontroversi. Pasalnya, tempat pagelaran sidang tersebut masih belum resmi diputuskan.

Padahal, kata Pengamat Hukum Margarito Kamis, berpindah-pindahnya tempat sidang untuk Mantan Bupati Belitung itu tidak memiliki alasan yang cukup kuat menurut hukum.

"Saya sendiri agak tidak mengerti kenapa posisi sidang jadi masalah, padahal tidak ada keadaan yang‎ tidak normatif untuk memindah-mindahkan sidang itu," ujar Margarito saat dihubungi Okezone, 9 Desember 2016.

Menurut dia, tempat persidangan, baru dapat dipindahkan ke tempat lain apabila kondisinya sedang dalam keadaan darurat seperti adanya bencana alam.

"Kalau dari segi normatif mesti ada keadaan keadaan untuk dijadikan tapi menurut saya sejauh ini hal-hal yang menjadi dasar untuk dipindahkan ini tidak ada. Tidak cukup beralasan secara hukum," tandasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini