nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seperti Namanya, Aksi 2 Desember Berlangsung Damai

Erha Aprili Ramadhoni, Jurnalis · Sabtu 03 Desember 2016 07:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 03 337 1557848 seperti-namanya-aksi-2-desember-berlangsung-damai-RG5CLqflXA.jpg Aksi damai 212 di Monas. (Okezone)

JAKARTA – Seperti namanya, aksi damai 2 Desember 2016 berlangsung super damai dan kondusif. Jutaan massa peserta aksi Bela Islam Jilid III tersebut mengungkapkan ekspresinya menuntut hukum ditegakkan dengan damai.

Berbagai kegiatan keagamaan mengiringi aksi 212 tersebut yang dipusatkan di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Jumat 2 Desember 2016. Doa bersama, tausiyah, zikir, hingga salat Jumat bersama menjadi saksi perjuangan massa yang menuntut Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ditahan.

Dari dimulainya acara sejak pukul 08.00 WIB hingga selesai setelah salat Jumat, tak ada tindakan anarkis atau kekerasan yang terjadi. Malah, tampak keakraban antara aparat keamanan dengan para pedemo.

Beberapa pedemo tampak akrab dengan pasukan pengamanan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Mereka saling berbaur dengan aparat TNI yang melakukan pengamanan aksi yang digagas Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI. Bahkan, baik pria, wanita, muda dan tua, saling berfoto bersama dengan para anggota TNI yang sedang berpatroli di Jalan Juanda, Jakarta Pusat.

Selain keakraban antara aparat keamanan dan pedemo, hal lain yang mencerminkan damainya aksi adalah lantunan doa, zikir, dan takbir yang tak kunjung berhenti sejak acara dimulai sejak pagi. Takbir menggema di seantero kawasan Monas. 

Damainya aksi 2 Desember 2016 juga bisa dilihat dengan hadirnya Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, di tengah-tengah massa aksi. Seperti tak terlihat kecemasan di wajah kedua pemimpin negara tersebut untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah di Monas.

“Terima kasih atas doa dan zikir yang telah dipanjatkan untuk keselamatan bangsa dan negara kita. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar,” seru Presiden Jokowi menggemakan takbir, Jumat (2/12/2016)

Bahkan, Presiden Jokowi sempat menggemakan takbir. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengapresiasi massa aksi hingga acara yang diisi kegiatan keagamaan tersebut berlangsung lancar.

“Yang kedua, saya ingin memberikan penghargaan setinggi-tingginya karena seluruh jamaah yang hadir tertib. Sehingga acaranya bisa berjalan dengan baik,” tandasnya.

Aksi damai 2 Desember juga ditunjukkan dengan sikap massa yang menjaga ketertiban. Salah satunya dengan sikap massa yang tak menginjak rumput yang ada di kawasan Monas. Meski berjumlah jutaan orang, massa bersikap santun dengan tidak merusak lingkungan dengan menginjak-injak rumput di kawasan Monas.

Peserta aksi damai 2 Desember pun saling mengingatkan agar tak ada yang berjalan melewati rumput. "Jangan injak rumput. Awas awas rumput jangan di injak. Tolong teman-teman jangan diinjak rumputnya. Jangan injak taman,” kata peserta aksi, untuk mengingatkan massa lainnya.

Terakhir, kebersihan di sekitar lingkungan Monas serta sepanjang jalan yang dilewati masa tetap terjaga. Peserta aksi memunguti sampah agar tak mengotori lingkungan.

Massa pun bahu-membahu memunguti sampah. Sebelum balik kanan, para peserta demo diingatkan untuk tetap membersihkan sampah.

"Saudara-saudara sekalian ayo kita bersihkan sampah-sampah, kita buktikan bahwa agama Islam adalah agama sempurna," teriak seorang orator di atas mobil komando di sekitar Monas, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2016).

Ratusan warga Ciamis, Jawa Barat, juga ikut berkontribusi untuk menjaga kebersihan saat aksi damai 2 Desember. Dengan bermodalkan sapu lidi dan pengki, mereka telaten memunguti sampah yang berserakan.

Salah seorang santri mengaku kedatangannya untuk ikut serta dalam aksi super-damai atau Aksi Bela Islam Jilid III. Selain itu, ia juga ingin membantu menjaga kebersihan.

"Kita baru sampai tadi Subuh. Untuk bantu bersih-bersih," kata Ima di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2016).

(erh)

Berita Terkait

Aksi Damai 2 Desember

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini