nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penjaga Rumah Ungkap Detik-Detik Penangkapan Kivlan Zein

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2016 19:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 02 337 1557565 penjaga-rumah-ungkap-detik-detik-penangkapan-kivlan-zein-AdG3gliRua.jpg Razman Arif, Kuasa Hukum Sri Bintang Pamungkas salah satu aktivis yang ditangkap karena dugaan melakukan makar. Foto Antara

JAKARTA - Polisi menangkap Mayjen Purnawirawan Kivlan Zein (KZ) di rumahnya di Gading Griya Lestari Blok H 1 no 15 RT 02 RW 09, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kivlan diduga melakukan perencanaan perbuatan makar.

Salah satu penjaga Rumah Kivlan, Sarkim mengatakan, proses penangkapan Kivlan berlangsung cepat. Kivlan ditangkap usai menunaikan salat Subuh.

"Ada yang datang kerumah tau-tau enggak tanya dan langsung masuk aja. Bapak waktu itu tadi pagi baru selesai salat Subuh di dalam kamar," ujar Sarkim kepada Wartawan di lokasi, Jakarta Utara, Jumat (2/12/2016).

Sarkim menambahkan, saat itu dirinya baru saja pulang dari masjid sekira pukul 04.30 WIB. Ia menuturkan, saat itu yang ada di dalam rumah hanyalah Kivlan dan seorang sopir. Namun tak lama Ketua RT setempat Arifin, datang untuk menyaksikan proses penangkapan.

"Saya menyaksikan. Enggak lama kemudian RT 02 Pak Arifin datang dan ia hanya diminta untuk menyaksikan proses penangkapan Kivlan. Ada sekitar 10 orang ada yang pakai TNI dan polisi," tutupnya.

Sebelumnya 10 aktivis ditangkap pada pagi hari, di tempat terpisah. Mereka yang ditangkap yakni eks Staf Ahli Panglima TNI Brigjen (Purn) Adityawarman Thaha, mantan Kepala Staf Kostrad Mayjen (Purn) Kivlan Zein, dan Ketua Solidaritas Sahabat Cendana Firza Huzein.

Selanjutnya adalah seniman dan aktivis politik Ratna Sarumpaet, pentolan Dewa 19 sekaligus calon wakil bupati Bekasi Ahmad Dhani, putri Presiden pertama Presiden Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri, Sri Bintang Pamungkas, dan Eko. Sementara juga ada dua orang yang ditangkap dan dijerat Pasal 28 Undang-Undang ITE yakni Jamran dan Rizal Kobar.

(fzy)

Berita Terkait

Aksi Damai 2 Desember

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini