nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemensos Salurkan Santunan ke Keluarga Intan Olivia

Reni Lestari, Jurnalis · Jum'at 18 November 2016 13:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 18 337 1544961 kemensos-salurkan-santunan-ke-keluarga-intan-olivia-9ATv2hx352.jpg Mensos Khofifah Indar Parawansa (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan pihaknya terus mengkoordinasikan santunan kepada keluarga Intan Olivia Marbun, balita 2,5 tahun korban ledakan di depan Gereja Oikumene, Samarinda. Berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Kemensos, santunan kepada Intan berjumlah Rp15 juta dan masuk kategori bantuan bencana sosial.

"Kalau di Kemensos yang terkait dengan bencana alam dan bencana sosial itu ada bantuan santunan kematian itu ada SOP-nya Rp15 juta. Sekarang kita sedang koordinasikan dengan keluarga almarhumah ananda Intan," kata Khofifah di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (18/11/2016).

Namun, dana bantuan tersebut belum dapat disalurkan sebab pihak Kemensos belum memiliki data ahli waris korban. Karenanya, Khofifah sudah menerjunkan tim ke kediaman Intan untuk mendapatkan data tersebut, agar dana bantuan segera dapat disalurkan melalui mekanisme transfer.

"Kemarin ada tim Kemensos yang ke kediaman, ya mungkin menunggu masa duka keluarga. Tapi karena SOP-nya kita harus koordinasikan itu, maka saya tetap kirim tim untuk bisa mendapatkan data ahli waris," lanjut dia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengusulkan agar bantuan terhadap korban masuk dalam draft revisi Undang-Undang Pemberantasa Terorisme yang kini tengah dibahas di DPR. Wiranto mengaku sudah berkonsultasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani terkiat hal ini.

"Kita mengusulkan adanya satu bantuan kompensasi kepada korban-korban terorisme itu, tapi kan belum ditandatangani (DPR)," kata Wiranto.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini