nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Empat Tersangka Bom Samarinda Turut Membantu Juhanda

Dara Purnama, Jurnalis · Kamis 17 November 2016 19:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 17 337 1544420 empat-tersangka-bom-samarinda-turut-membantu-juhanda-ieqntCpp2A.jpg Foto: Illustrasi Okezone
 

JAKARTA - Penyidik Densus 88 Anti Teror telah menetapkan lima tersangka kasus bom molotov di gereja Oikumene, Samarinda, Kalimantan Timur.

Satu orang dari lima tersangka adalah pelaku bernama Juhanda, pelempar bom pada Minggu 13 November 2016 hingga menewaskan satu balita bernama Intan Olivia Marbun.

Kadiv Humas Polri, Irjen Boy Rafli Amar mengatakan peran empat tersangka lain selain Juhanda adalah memberikan bantuan dalam rencana teror bom berdaya ledak rendah tersebut.

"Densus sudah tetapkan lima tersangka, perannya belum nanti kita sampaikan, masih diperiksa. Intinya memberikan perbantuan tindakan dari si Juhanda itu," kata Boy di Kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (17/11/2016).

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan Juhanda tergabung dalam jaringan Pepi Fernando yang merupakan pelaku lama. Juhanda adalah residivis bom di dalam buku dan bom di Serpong. Sementara empat orang tersangka menurut Boy adalah orang baru.

"Ini orang-orang baru semua, Juhanda-nya saja orang lama," tukasnya.

Pepi Fernando sendiri berada di Lapas Nusakambangan. Dia diketahui berbaiat kepada ideolog kelompok Jamaah Ashorut Daulah (JAD), Aman Abdurrahman yang berafiliasi dengan ISIS.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini