nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Direktur Operasional Pelindo III Pendiri Perusahaan 'Topeng' Penampung Pungli

Dara Purnama, Jurnalis · Rabu 02 November 2016 20:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 02 337 1531398 direktur-operasional-pelindo-iii-pendiri-perusahan-topeng-penampung-pungli-lTkdc0Ffbr.jpg Ilustrasi (Foto: Dok.Okezone)

JAKARTA - Direktur Operasional Pelindo III, Rahmat Satria (RS) diketahui adalah pendiri perusahaan 'topeng' PT Ankara yang menampung pungutan liar (pungli) dari kontainer saat proses bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Perak, Jawa Timur.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dit Tipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya menyatakan, dari hasil pengembangan yang dilakukan oleh penyidik Satgas Dwelling Time Dit Tipideksus Bareskrim Mabes Polri, Rahmat Satria, ditetapkan sebagai tersangka karena terbukti sebagai pendiri perusahaan ‘topeng’ PT Ankara yang menampung pungli dari setiap kontainer sebelum keluar dari Pelabutan Tanjung Perak.

"Kita tahu saudara RS inilah yang awalnya mendirikan PT Ankara. Kita tahu RS saat mendirikan dia adalah Direktur PT TPS di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak. Sekarang yang bersangkutan adalah salah satu direktur di Pelindo III," terang Agung Setya saat menggelar jumpa pers di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (2/11/2016).

Agung menjelaskan, dari lokasi penggeledahan yakni di ruangan kerja Rahmat Satria, tim menyita uang Rp600 juta. Namun dari rekening ternyata Rahmat Satria sudah menghimpun dana dari PT Ankara sejak 2015 dan disita uang senilai Rp3,9 miliar. Sehingga totalnya ada Rp4,5 miliar. Selain Satria, tim juga menetapkan Direktur PT Ankara, Augusto Hutapea sebagai tersangka tindak pidana pemerasan.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini