nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bareskrim Tangkap Adik Bambang Widjojanto saat Main Golf

Dara Purnama, Jurnalis · Rabu 02 November 2016 20:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 02 337 1531392 bareskrim-tangkap-adik-bambang-widjojanto-saat-main-golf-O1ySDSeGa0.jpg Haryadi Budi Kuncoro usai menjalani pemeriksan di KPK (Foto: Antara)

JAKARTA – Setelah berkas perkara dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Agung, penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri menahan dua tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan 10 unit mobile crane di Pelabuhan Tanjung Priok.

Mereka adalah mantan Direktur Teknik Pelindo II, Ferialdy Noerlan (FN); dan mantan Senior Manager Peralatan PT Pelindo II, Haryadi Budi Kuncoro (HBK). Diketahui Haryadi merupakan adik dari mantan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto.

"Kedua tersangka ditangkap dan langsung ditahan di Rutan Polda Metro Jaya," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (2/11/2016).

Ia menjelaskan, penangkapan dilakukan saat kedua tersangka bermain golf di dua lokasi berbeda. "HBK ditangkap pada pukul 09.06 WIB di Gading Mas Driving Range, Kelapa Gading, sedangkan FN ditangkap pada pukul 10.40 WIB di Emeralda Golf Club Cimanggis, Depok," ujar dia.

Adapun kerugian negara yang diakibatkan dari perbuatan tersangka mencapai Rp45,6 miliar. Kasus ini berawal saat penyidik menemukan 10 mesin derek yang semestinya dikirim ke delapan pelabuhan berbeda justru mangkrak di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Polisi menduga ada motif korupsi di balik pengadaan alat-alat berat itu karena apa yang terjadi tidak sesuai dengan rencana pengadaan yang sudah ditetapkan.

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini