Diperberat, Dewie Yasin Limpo Divonis 8 Tahun Bui dan Dicabut Hak Politiknya

Feri Agus Setyawan, Okezone · Senin 31 Oktober 2016 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 31 337 1528909 diperberat-dewie-yasin-limpo-divonis-8-tahun-bui-dan-dicabut-hak-politiknya-8ClSxVUlrG.jpg

JAKARTA – Mantan Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Hanura, Dewie Yasin Limpo, dijatuhkan hukuman 8 tahun bui ditingkat banding oleh majelis hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Vonis tersebut lebih berat 2 tahun dari putusan Pengadilan Tipikor Jakarta.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa I Dewi Aryaliniza alias Dewie Yasin Limpo pidana penjara selama 8 (delapan) tahun dan terdakwa II, Bambang Wahyuhadi dengan pidana penjara selama 6 (enam) tahun dan pidana denda masing-masing sebesar Rp200 juta dengan ketentuan apabila terdakwa tidak membayar denda tersebut diganti dengan pidana kurungan selama 3 tahun,” putus majelis banding yang dilansir dari website Mahkamah Agung (MA), Senin (31/10/2016).

Selain hukuman penjara yang diperberat, majelis hakim juga mencabut hak politik Dewie Yasin Limpo. Pada putusan tingkat pertama hak politik Dewie Yasin Limpo tak dicabut majelis hakim. Putusan tersebut diketok oleh ketua majelis hakim Elang Prakowo Wibowo dengan anggota Humuntal Pane, Siswandriyono, Jeldi Ramadhan, dan Rusydi.

“Menjatuhkan pidana tambahan kepada terdakwa I, berupa pencabutan hak memilih dan dipilih dalam pemilihan jabatan publik/jabatan politis selama 3 tahun dihitung setelah terdakwa I, selesai menjalani pidana pokoknya,” sambung majelis.

Vonis 8 tahun untuk Dewie Yasin Limpo ini masih lebih rendah 1 tahun dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini