Share

Unjuk Rasa Dokter, DPR Minta Ada Solusi Saling Menguntungkan

Bayu Septianto, Okezone · Senin 24 Oktober 2016 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 24 337 1522744 unjuk-rasa-dokter-dpr-minta-ada-solusi-saling-menguntungkan-4oLpDZXtOF.jpg Unjuk rasa para dokter. (Foto: dr. Yandra Doni)

JAKARTA - Peringatan Hari Dokter Nasional tidak hanya diperingati secara seremonial, namun juga diwujudkan dengan aksi unjuk rasa di Kemenko Polhukam, Istana Negara, dan Kementerian Kesehatan oleh anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Para dokter menolak penerapan sistem Dokter pelayanan Primer (DLP) karena mereka menilai hal itu bukan solusi dan bentuk pemborosan anggaran.

Anggota Komisi IX DPR RI, Okky Assokawati menganggap, harus segera dicarikan jalan keluar yang menguntungkan kedua belah pihak. "Sebaiknya dicari jalan keluar yang berorientasi win-win solution. Kebijakan DLP ini berisi agar dokter menempuh pendidikan tambahan selama dua tahun yang bertujuan agar dokter di puskesmas memiliki kualitas yang setara dengan dokter spesialis," ujar Okky kepada wartawan, Senin (24/10/2016).

Kemenkes sempat mengatakan pada pihaknya bahwa program ini sifatnya opsional alias tidak wajib. Namun, hal itu berbeda saat Komisi IX melakukan kunjungan kerja spesifik di Yogyakarta yang memperoleh informasi dari pihak BPJS Kesehatan bahwa pemerintah hanya akan membayar kapitasi kepada RS yang memiliki DLP, artinya program ini bersifat wajib.

Okky melanjutkan, hingga saat ini PP atas UU No 20/2013 tentang Pendidikan Kedokteran terkait dengan DLP belum selesai dibahas bersama stakeholder seperti Kemenkes, Kemenristekdikti, serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Saya mengusulkan sebaiknya dicari jalan tengah di masa transisi ini dengan memasukkan kurikulum DLP ke perkuliahan program sarjana kedokteran sembari menunggu penyiapan perangkat regulasi dan infrastruktur lainnya. Jika semua dirasa sudah siap, maka kebijakan tersebut dapat secara penuh dilaksanakan di lapangan," pungkas Okky.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini