Komnas HAM Khawatir Penggusuran Hanya Untungkan Kapitalis

Salsabila Qurrataa'yun, Okezone · Sabtu 15 Oktober 2016 06:58 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 15 337 1515418 komnas-ham-khawatir-penggusuran-hanya-untungkan-kapitalis-8dRB8Gjr2E.jpg Penggusuran (Foto: Okezone)
 

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ansori Sinungan menyoroti kasus penggusuran yang dinilai melanggar hak para rakyat menengah ke bawah. Menurutnya, jangan sampai penggusuran justru menguntungkan kaum kapitalis.

"Jangan sampai dengan melakukan penggusuran, lahannya malah berdiri gedung-gedung bertingkat atau apartemen. Itu hanya menguntungkan kaum kapitalis," katanya kepada Okezone, Sabtu (15/10/2016).

Mantan Direktur Hak Cipta di Direktorat Hukum Kementerian Hukum dan HAM menambahkan, pihaknya sering memanggil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk membahas mengenai penggusuran. Bahkan, sudah memperingatkan mantan Bupati Belitung Timur itu untuk tidak merugikan kesejahteraan rakyatnya dalam melakukan penggusuran.

Apalagi penggusuran yang terjadi di DKI Jakarta bukan baru terjadi. Pada era kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) pun pernah dilakukan. Namun, gaya dan cara Ahok melakukan penggusuran selalu menjadi catatan dan kritik.

"Kepemimpinan Ahok itu harga mati.Tidak bisa diubah. Tapi di sini kan masyarakat mempunyai hak. Dan penggusuran (pada kempemimpinan Ahok) telah melanggar HAM," tukasnya.

Sebelumnya, Komnas HAM menilai penggusuran merupakan masalah serius yang dihadapi bangsa Indonesia. Hal tersebut kini marak terjadi di DKI Jakarta, sehingga Komans HAM membawa masalah tersebut ke Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini