Pemerintah Berhasil Bebaskan Tiga Sandera Abu Sayyaf

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Minggu 02 Oktober 2016 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 02 337 1504099 pemerintah-berhasil-bebaskan-tiga-sandera-abu-sayyaf-W54X4oNDKK.jpg Foto: Illustrasi Okezone

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi‎ mengungkapkan, pemerintah Indonesia berhasil membebaskan tiga orang sandera dari kelompok Abu Sayyaf. Meski begitu, Retno enggan merinci bagaimana proses pembebasan para Warga Negara Indonesia (WNI) tersebut.

Mereka adalah para nahkoda kapal tugboat Charles 001‎, Kapten Fery Arifin, Masinis kapal Edy Suryono, dan Muhammad Mahbrur Dahri.

"Kita sudah melakukan pengecekan di lapangan dan tiga sandera tersebut sudah berada di Sulu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan," kata Retno di Kantor Panglima TNI, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat‎, Minggu (2/10/2016).

Retno menambahkan, proses selanjutnya Pemerintah Indonesia akan membawa para tahanan itu untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan di Kedubes Indonesia untuk Filipina.

"Mengenai kepulangan akan dilakukan proses di sana. Selanjutnya kita akan melakukan pembebasan sandera lainnya masih ada dua sandera," terang Retno.

Retno memastikan, pemerintah akan sekuat tenaga untuk membebaskan dua sandra lainnya ‎juru mudi kapal, Robin Piter dan Masinis III kapal, Muhammad Nasir‎. Ia berharap, pembebasan dua sandera lainnya dapat dilakukan dalam waktu dekat.

"Kita masih berupaya sekuat tenanga untuk membebas kedua sandera tersebut. Pembebasan dua sandera ini agar dapat segera berhasil," ‎pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini