Bahrun Naim di Balik Bom Bunuh Diri di Medan?

Salsabila Qurrataa'yun, Okezone · Senin 05 September 2016 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 05 337 1481834 bahrun-naim-di-balik-bom-bunuh-diri-di-medan-AjRmGSZXCN.jpg Foto: Illustrasi Okezone

JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan bahwa IAH, pelaku bom bunuh diri di Gereja Stasi Santo Yosep, Jalan Dr Mansyur, Medan, tidak tergabung dalam jaringan teroris manapun kelompok ISIS.

Tito mengatakan, IAH berafiliasi dengan Bahrun Naim. Sedangkan motif percobaan bunuh diri tersebut lantaran hanya fanatik ke kelompok itu yang berpusat di Suriah.

"Dia (IAH) memiliki kontak langsung dengan Bahrun Naim yang ada di Suriah. Bahrun Naim ini tokoh Indonesia yang tinggal di Suriah bergabung dengan ISIS," kata Tito di ruang rapat Komisi III DPR RI, Jakarta, Senin (5/9/2016).

Ia menuturkan, motif yang dilakukan pelaku sangatlah baru. Pasalnya, IAH belajar membuat bom dan melakukan eksekusi seorang diri, hanya dengan belajar dari internet.

Tito menambahkan, saat ini kelompok ISIS sudah menyasar dan mengincar anak-anak di bawah usia 18 tahun. "Ini adalah fenomena baru dengan merekrut anak di bawah 18 tahun," jelasnya.

Sekadar diketahui, Bahrun Naim alias Muhammad Bahrun Naim Anggih Tamtomo, kata Tito, diduga menjadi dalang aksi serupa yanki percobaan atas bom bunuh diri di Surabaya dan Jakarta pada 2015.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini