Dicalonkan Jadi Kepala BIN, Ini Keunggulan Budi Gunawan

Regina Fiardini, Okezone · Sabtu 03 September 2016 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 03 337 1480372 dicalonkan-jadi-kepala-bin-ini-keunggulan-budi-gunawan-kIOmPJndKW.jpg Diskusi Ini Calon Kepala BIN Baru (foto: Regina/Okezone)

JAKARTA - Surat penunjukkan Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) sudah masuk ke parlemen. Anggota Komisi 1 DPR, Meutya Hafid memaparkan keunggulan jenderal bintang tiga itu.

"Kami tidak melihat militer dan polisinya. Yang saya pribadi lihat beliau lulusan terbaik, polisi terbaik, unggul, punya teman yang banyak, bisa collecting informasi. Itu poin unggul," kata Meutya dalam diskusi bertajuk 'Ini Calon Kepala BIN Baru' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (3/9/2016).

Kemungkinan besar, Wakapolri itu akan mulai melakukan fit and proper test pekan depan. Meutya mengaku pihaknya akan mengawal keputusan Presiden itu.

Kendati demikian, BG sapaan akrab Budi Gunawan harus segera belajar ketika nanti sudah menjabat sebagai kepala BIN. Karena ke depan, tantangan yang akan dihadapi intelijen akan semakin berat.

"Intinya, BG harus cepat belajar bukan berarti dia masuk lalu 100 persen mudah. Dia harus adjudge diri bahwa ini adalah BIN, dia merangkul berbagai elemen tidak hanya polisi atau TNI tapi termausk sipil dan analis handal. Kita berhadapan dengan tantangan zaman yang beda, karena perang teknologi cyber ini harus di adjuge BG," tukasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini