nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Zika Sudah Menjangkiti Warga Indonesia

Reni Lestari, Jurnalis · Selasa 30 Agustus 2016 16:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 08 30 337 1476774 virus-zika-sudah-menjangkiti-warga-indonesia-e2Sm2MgIBu.jpg Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, mengatakan sudah ada sejumlah warga Indonesia yang terjangkit virus zika. Ia menyebut warga tersebut berasal dari Suku Anak Dalam, Jambi.

"Sudah, jadi beberapa waktu lalu, saya agak lupa, dari penelitian itu menemukan anak Suku Anak Dalam di Jambi positif," kata Nila di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Selain itu, beberapa wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Singapura juga kedapatan terjangkit virus ini. Nila mengatakan, penemuan ini bukanlah sesuatu yang mengejutkan, mengingat nyamuk yang menyebarkan virus zika sama dengan nyamuk aedes aegypti.

"Saya kira itu bukan suatu hal yang aneh, karena nyamuknya sama. Nyamuk demam berdarah dan nyamuk zika ini seperti aedes aegypti, ada kemungkinan kita bisa terkena juga dengan (virus) zika. Dan ada beberapa laporan wisatawan yang pulang ke Indonesia juga positif," jelas dia.

Ditanya mengenai jumlah warga Indonesia yang teridentifikasi terjangkit virus zika, Nila belum bisa memastikan. Ia hanya mengatakan tak sampai puluhan.

"Saya enggak bisa sebutkan tepatnya, yang Suku Anak Dalam saya bicara dengan penelitinya, hanya satu atau berapa gitu. Tidak sampai puluhan. Sampai saat ini laporan yang ke kami tidak banyak," kata dia.

Sementara itu untuk mengantisipasi merebaknya virus ini, Kementerian Kesehatan sudah menyiagakan pos kesehatan di bandara dan pelabuhan untuk memeriksa warga yang masuk, terutama dari negara yang telah terdampak zika.

"Pertama kita tingkatkan kewaspadaan dari Singapura ke Indonesia dan memperkuat di kantor pelabuhan. Nah itu kalau yang demam kita minta ambil darahnya, kita isi alert (peringatan)," tukas Nila.

(ulu)

Berita Terkait

Virus Zika

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini