Komnas HAM Sebut Ada Keterlibatan TNI AD dalam Peristiwa Bentrok di Medan

Badriyanto, Okezone · Senin 29 Agustus 2016 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 29 337 1475899 komnas-ham-sebut-ada-keterlibatan-tni-ad-dalam-peristiwa-bentrok-di-medan-s6aNPTFdL1.jpg ilustrasi

JAKARTA - Ketua Tim Pemantauan dan Penyidikan Peristiwa Bentrok TNI AU dan Warga Desa Sarirejo Komnas HAM, Natalius Pigai mengatakan, ada keterlibatan TNI AD dalam peristiwa bentrok di Medan pada 15 Agustus 2016.

"Komnas HAM berkesimpulan bahwa penganiayaan, penyiksaan, serta perusakan harta benda milik warga, jurnalis, dan fasilitas umum dilakukan terutama oleh Anggota Lanud Kol Soewondo, yaitu anggota TNI AU dan Paskhas, dibantu Armed TNI AD," ungkap Natalius di kantornya, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Lebih lanjut, Natalius menilai pengamanan massa dan penindakan hukum yang dilakukan oleh anggota TNI AU pada peristiwa bentrok tersebut telah melanggar undang-undang. Sebab, seharusnya TNI AU meminta bantuan secara resmi kepada pihak kepolisian.

"Tindakan penanganan massa tidak sesuai dengan prosedur dan bertentangan dengan UU No 34 Tahun 2004 tentang TNI dan UU No 2 Tahun 2002 tentang Polri," tambah Natalius.

Apalagi, lanjut Natalius, blokade yang dilakukan oleh warga tidak secara spesifik ada di dalam instansi militer melainkan area publik alias jalan raya akses masuk utama Bandara Polonia.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini