Komnas HAM Desak Panglima TNI Tindak Anggota yang Terlibat Bentrok

Badriyanto, Okezone · Senin 29 Agustus 2016 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 29 337 1475894 komnas-ham-desak-panglima-tni-tindak-anggota-yang-terlibat-bentrok-kHwicPXSkz.jpg ilustrasi

JAKARTA - Ketua Tim Pemantauan dan Penyidikan Peristiwa Bentrok TNI AU dan Warga Desa Sarirejo Komnas HAM, Natalius Pigai, meminta Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Udara agar menindak tegas anggotanya yang diketahui terlibat dalam peristiwa bentrok di Medan.

Menurut Natalius, berdasarkan hasil pemantauan dan penyelidikan, pihaknya telah menemukan sejumlah pelanggaran yang terjadi pada peristiwa bentrok di Medan yang melibatkan anggota TNI AU tersebut.

"Komnas HAM meminta kepada Panglima TNI dan KSAU untuk melakukan penegakan hukum baik disiplin, proses pidana melalui peradilan militer, dan kode etik," ujar Natalius di Komnas HAM, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Sementara itu, khusus untuk Pimpinan Kesatuan Lanud Kol Soewondo, Komnas HAM merekomendasikan untuk segera dilakukan proses penegakan hukum. Sebab, ia dinilai tidak mampu mencegah anggotanya sehingga dapat leluasa melakukan tindakan penyerangan, penganiayaan, dan penyiksaan.

"Komnas HAM merekomendasikan untuk dilakukan proses penegakan hukum khususnya hukuman disiplin internal kepada Pimpinan Kesatuan Lanud Kol Soewondo," pungkas Natalius

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini