Share

Pemerintah Rumuskan Sistem Baru dalam Pemilu Serentak 2019

Reni Lestari, Okezone · Minggu 21 Agustus 2016 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 21 337 1469292 pemerintah-rumuskan-sistem-baru-dalam-pemilu-serentak-2019-CodEmHxXs0.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Tim pakar pemerintah dalam penyusunan RUU Penyelenggaraan Pemilu, Dani Syarifudin Nawawi mengatakan Pemilu serentak 2019 direncanakan akan menggunakan sistem baru. Pemerintah dalam hal ini masih melakukan kajian seiring dengan draft RUU yang masih terus digodok.

"Tertutup murni pernah kita lakukan, terbuka murni pernah kita lakukan. Apakah kita harus melakukan dua-duanya yang mempunyai kekurangan? Mestinya dalam konteks sudah keempat kali kita pemilu, tahun 2019 dengan sistem baru," kata Dani dalam diskusi di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (21/8/2016).

Dani mengatakan, idealnya Indonesia sudah menggunakan sistem terbuka dan terbatas. Idealnya terbuka lah, terbatas. Terbuka dan terbatas," imbuhnya.

Namun menurutnya, sejumlah alternatif sistem Pemilu tersebut masih dalam pengkajian. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan terlebih dahulu mendengar masukan dari para pakar dan akademisi untuk menyelaraskan alternatif sistem yang ada dengan kondisi masyarakat Indonesia.

"Kita tidak bisa meng-copy-paste konsep-konsep atau pendapat orang per orang, kita hanya bisa studi banding tentang kebaikan dan ketidakbaikan, kesempurnaan dan ketidaksempurnaan dari contoh-contoh sistem pemilu di negara lain, itu bagian dari referensi," katanya.

Pemerintah berencana merampungkan draft RUU ini pada September 2016 mendatang untuk kemudian diserahkan ke DPR. Diharapkan pada 2017, RUU ini sudah diketuk menjadi undang-undang dan segera diterapkan dalam tahapan pemilu yang pertama yakni verifikasi parpol peserta.

"September ini harus selesai, setelah ini diajukan ke DPR. Konsepnya katakanlah 90 persen selesai, tinggal penyempurnaan dari bab, pasal, ayat yang terkandung di dalamnya," tukas Dani.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini