Pemerintah Beri Penghargaan Transmigran Teladan

Fahmi Firdaus , Okezone · Selasa 16 Agustus 2016 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 16 337 1464898 pemerintah-beri-penghargaan-transmigran-teladan-QHejovTwfJ.jpg Foto:Ist

JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi kembali mengadakan pemilihan Transmigran Teladan dan Pembina Permukiman Transmigrasi Teladan 2016. (Baca juga: Dana Desa Fantastis, KPK Minta Kemendes Koordinasi).

Penganugerahan ini merupakan bentuk apresiasi kepada para insan yang telah membantu menyukseskan program transmigrasi, khususnya para transmigran dan pembina permukiman transmigrasi di seluruh Indonesia.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengatakan pemberian pengharagaan ini dilakukan sebagai penghargaan sekaligus pengakuan atas keteladanan para transmigran dan pembina permukiman transmigrasi.

“Pemberian penghargaan seperti ini jangan sampai berhenti hanya sampai pada selesainya acara hari ini, tetapi diharapkan dapat menjadi pendorong peningkatan motivasi para transmigran dan petugas pembina permukiman transmigrasi yang ada di daerah lain untuk meningkatkan prestasi dan kinerjanya,” ujar Eko dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Eko menjelaskan, fakta menunjukkan bahwa penyelengaraan transmigrasi selama ini telah memberikan manfaat yang besar bagi tumbuh kembangnya wilayah potensial di Tanah Air menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru.

Bahkan, penyelenggaraan transmigrasi di beberapa daerah telah mendorong terbentuknya kota-kota baru menjadi dua ibu kota provinsi, 104 ibu kota kabupaten, 385 kecamatan, dan lebih dari 1.185 desa.

“Desa-desa definitif tersebut membangun dan mempercepat tumbuhnya desa-desa mandiri, mengintegrasikan desa-desa dalam kawasan transmigrasi menjadi desa yang mandiri dan maju,” tuturnya.

Menurutnya, transmigrasi secara sistematis dan berkelanjutan berhasil mensinergikan potensi sumber daya alam dan tenaga kerja produktif menjadi kekuatan nyata yang mendorong terciptanya ketahanan pangan, berkembangnya kehidupan ekonomi kerakyatan.

“Kondisi itu tentu sangat membantu dalam menciptakan kesempatan kerja dan peluang kewirausahaan dan pengentasan kemiskinan sekaligus penataan persebaran penduduk yang serasi dan seimbang,” katanya.

Program pemberian aset produksi berupa tanah bersertifikat hak milik untuk masyarakat miskin telah meneguhkan bahwa transmigrasi berperan nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Serta pendukung utama program nasional reforma agrarian,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Roosari Tyas Wardhani mengatakan, Pemilihan Transmigran Teladan dan Pembina permukiman transmigrasi ini telah melalui proses yang panjang. Pihaknya telah memilih 25 calon transmigran teladan dan pembina permukiman kawasan transmigrasi.

“Penentuan pemenang transmigrasi teladan harus memenuhi beberap aspek penilian. Di antaranya aspek pendidikan, kesehatan, partisipasi masyarakat, dan ekonomi. Sedangkan untuk pembinan permukiman transmigrasi dinilai dari aspek kompetensi, kepemimpinan, pelaksanaan tugas, dan keberhasilan tugas,” tutupnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini