Habibie: Bangun Negeri Jangan Hanya Andalkan Sumber Daya Alam

Bayu Septianto, Okezone · Kamis 04 Agustus 2016 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 04 337 1454877 habibie-bangun-negeri-jangan-hanya-andalkan-sumber-daya-alam-oSr5bVWKvu.jpg Mantan Presiden BJ Habibie

JAKARTA – Presiden RI ke-3 BJ Habibie mengungkapkan dalam membangun negara seharusnya tak hanya mengandalkan sumber daya alam (SDA) atau energi yang dimiliki suatu negara. Pasalnya, sumber daya alam bisa saja habis bila terus dieksplorasi.

Habibie saat memberikan sambutan dalam Seminar bertajuk 'Peran Masjid Dalam Membentengi Umat Dari Pemikiran Menyimpang'‎ di Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (4/8/2016), menjelaskan yang bisa diandalkan dalam membangun negara hanyalah sumber daya manusia yang unggul.

"Yang hanya bisa diandalkan terus menerus adalah pada keunggulan SDM terbaru. Ya sumber daya manusia," ujar Habibie.

Habibie mencontohkan, sebanyak 1,2 juta anak muda berpendidikan yang berasal dari sejumlah negara di Timur Tengah bisa masuk ke Eropa untuk berkarya.

Menurut Habibie, keberhasilan itu akibat negara-negara tersebut tidak hanya mengandalkan sumber daya alamnya, tetapi juga memaksimalkan sumber daya manusia berupa ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Kalau dari timur tengah 1,2 juta anak muda berpendidikan masuk ke Eropa, 900 ribu masuk ke Jerman. Kenapa bisa? Karena tidak mengandalkan SDA tapi juga SDM, yang mampu mengandalkan iptek," ungkap Habibie.

Selain itu, lanjut Habibie, terdapat tiga elemen yang harus bisa bersinergi positif dalam membangun bangsa, di mana bisa diawali dari kegiatan-kegiatan yang ada di masjid. Elemen-elemen itu yakni elemen agama, elemen budaya, dan elemen pengetahuan.

"Elemen-elemen positif itu harus bersinergi khususnya di masjid," tutup Habibie.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini