nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengamat: Ada Tiga Alasan Reshuffle Harus Segera Dilakukan

Putera Negara, Jurnalis · Sabtu 23 Juli 2016 14:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 07 23 337 1445082 pengamat-ada-tiga-alasan-reshuffle-harus-segera-dilakukan-bSl7AhfKDT.jpg foto: Dok Okezone

JAKARTA - Pengamat politik Ray Rangkuti mendesak pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera melakukan perombakan (reshuffle) jilid II terhadap Kabinet Kerja. Menurutnya, masih banyak menteri yang belum maksimal dalam menjalankan perintah Presiden.

Ia menerangkan, ada tiga alasan Jokowi harus segera mempercepat reshuffle kabinet. Salah satu yang paling urgen adalah pencapaian rezim hari ini belum memberikan kepuasaan dari harapan masyarakat Indonesia.

"Pertama, sejauh ini pencapaian pemerintah memang terlihat tidak berjalan terlalu cepat. Kedua, tantangan ekonomi yang makin cepat. Terakhir, sejumlah menteri masih menunggu instruksi dari Presiden," kata Ray dalam sebuah diskusi di Rumah Makan Gado-Gado Boplo, Jalan Gereja Theresia Nomor 41, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/7/2016).

Ia menuturkan, beberapa menteri masih terlihat kebingungan dalam membaca gaya kepemimpinan mantan Gubernur Jakarta tersebut. Sehingga, berdampak pada kinerja dan pencapaian.

"Karena kabinet mungkin belum mampu terjemahkan keinginan Jokowi dalam kebijakan maupun eksekusi," tutur dia.

Selain itu, lanjut Ray, seharusnya para menteri tidak terjebak pada kepentingannya masing-masing. Pasalnya, satu sama lain masih banyak yang berbeda pandangan, padahal seharusnya sebagai orang kepercayaan Presiden harus menunjukkan cermin kesolidan dalam menjalankan pemerintahan negara.

"Jangan ada lagi konflik menteri dengan menteri lainnya, karena masyarakat sangat membutuhkan pelayanan publik yang inheren," tutup Ray.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini