Share

Ketua DPR Tak Ingin Intervensi Sistem RUU Pemilu Serentak

Bayu Septianto, Okezone · Jum'at 22 Juli 2016 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 22 337 1444631 ketua-dpr-tak-ingin-intervensi-sistem-ruu-pemilu-serentak-GxJtrS4EC9.jpg Ketua DPR RI Ade Komarudin (Antara)

JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ade Komarudin (Akom) tak akan mencampuri urusan RUU Pemilu yang nantinya akan berlaku secara serentak pada 2019. Sejumlah isu krusial menjadi perhatian seperti ingin dikembalikannya ke sistem pemilihan proporsional tertutup.

Menurut Akom sistem pemilihan proporsional terbuka maupun tertutup pasti ada kelebihan dan kelemahan. Sebagai ketua DPR, Akom tak ingin mengintervensinya. Ia menyerahkan masalah ini kepada masing-masing partai politik.

"Jadi sistem pemilihan terbuka dan tertutup ya tergantung dari kepentingan parpol masing-masing," ujar Akom di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/7/2016).

Bagi politikus Partai Golkar yang terpenting bahwa konsolidasi demokrasi tak boleh mundur. Bila ada kelemahan atau kekurangan dalam sistem pemilu harus segera diperbaiki.

"Yang sudah kuat kita makin kuatkan. Kira-kira sistem apa yang harus kita pakai bahwa konsolidasi demokrasi enggak boleh mundur tapi harus maju," jelas Akom.

Sejumlah parpol masih belum sepakat soal sistem Pemilu 2019. Partai NasDem dan PAN sepakat dengan sistem proporsional terbuka. Adapun PDI Perjuangan dan Golkar mendukung sistem proporsional tertutup.

Dalam sistem tertutup, maka pemilih hanya disodorkan untuk mencoblos logo partai, tanpa daftar nama caleg, seperti pemilu di zaman Orde Baru. Sedangkan dalam sistem terbuka, nama-nama caleg juga terpampang.

Sistem proporsional atau terbuka, akan ditentukan dalam pembahasan revisi undang-undang tentang Pemilu di DPR. Kementerian Dalam Negeri telah menyelesaikan draf revisi RUU Pemilu dan akan diserahkan kepada Presiden RI pekan depan untuk selanjutnya diserahkan ke DPR untuk dibahas.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini