Share

Ketua MK Sebut Belum Ada Pengajuan Uji Materi UU Pilkada

Reni Lestari, Okezone · Senin 27 Juni 2016 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 27 337 1426209 ketua-mk-sebut-belum-ada-pengajuan-uji-materi-uu-pilkada-arDDhLHoSl.jpg Ketua MK Arief Hidayat mengetok palu dalam sidang pengesahan Wakil Ketua MK (Heru/Okezone)

JAKARTA โ€“ Revisi Undang-Undang Pilkada yang telah disahkan DPR RI beberapa waktu lalu masih menuai pro-kontra. Pihak-pihak yang tak puas berencana mengajukan uji materi atau judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Namun, Ketua MK Arief Hidayat mengatakan sampai sekarang belum ada pengajuan uji materi atas UU Pilkada. UU itu sendiri belum ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi).

โ€œBelum, belum, belum ada. Jadi kan ini undang-undangnya baru saja disahkan oleh DPR, dan segera ditandatangani Presiden. Sampai saat ini belum ada perkara judicial review mengenai UU yang kemarin,โ€ kata Arief di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (27/6/2016).

Menurutnya, dalam pembicaraan dengan Presiden Jokowi, hal itu juga tak muncul. Arief diketahui mengunjungi Istana Merdeka untuk melaporkan pelaksanaan Pilkada Serentak 2015 dan persiapan Pilkada 2017.

โ€œEnggak juga dibahas. Karena hal-hal yang secara potensial menjadi perkara di mahkamah itu tidak etis untuk dibicarakan, jadi tidak dibicarakan,โ€ kata dia.

Sebagaimana diketahui, Pasal 9 UU Pilkada menjadi keberatan bagi KPU karena dinilai memberangus independensinya sebagai penyelenggara pilkada.

(Baca juga: KPU Segera Ajukan Uji Materi UU Pilkada)

Sementara Teman Ahok, selaku pendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mempersoalkan Pasal 48 UU Pilkada yang mengatur mekanisme baru verifikasi faktual bagi calon perseorangan.

โ€œSemoga bisa segera UU itu disahkan ditandatangani Presiden, sehingga kalau ada masyarakat yang mengajukan judicial review, kita mempunyai waktu untuk bisa menyelesaikan sebaik-baiknya,โ€ pungkas Arief.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini